Modeling Strategy untuk Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Siswa Madrasah Aliyah

Lisa Suhayati, Haryati Haryati, Anita Kusumawati, Ruisah Ruisah

Abstract


Kemampuan berbahasa Inggris siswa, khususnya dalam bidang public speaking berpidato dalam Bahasa Inggris (speech) masih rendah. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menghasilkan bahan ajar berupa buku dan video untuk mendukung proses pembelajaran berpidato dalam bahasa Inggris dan untuk mengetahui pengaruh positif dari kedua bahan ajar dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa khusunya berpidato. Penulis menggunakan bahan ajar berbentuk buku dan video pembelajaran pidato dalam Bahasa Inggris untuk mengetahui pengaruh positif bahan ajar tersebut terhadap meningkatnya kemampuan berpidato. Kegiatan melibatkan seluruh siswa di tingkat Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Nurul Quran, Bogor. Hasil kegiatan PkM, dapat disimpulkan bahwa modeling strategy melalui buku ajar dan video pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa inggris, khususnya kemahiran public speaking dalam berpidato Bahasa Inggris (speech), siswa dapat mengaplikasikan kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris dalam kehidupannya sehari-hari secara berterima dan efektif, dan siswa mendapatkan penguatan dalam membangun dan meningkatkan rasa percaya diri yang merupakan karakter penting untuk dimiliki. Karakter memiliki rasa percaya diri ini diharapkan dapat memberikan banyak dampak positif bagi para santri untuk menunjang prestasi akademik maupun non-akademik.


Keywords


kemampuan berbicara; strategi modeling; pidato

Full Text:

PDF

References


Afiatin,T., & Andayani, B. (1998). Peningkatan kepercayaan riri remaja penganggur melalui kelompok dukungan sosial. Jurnal Psikologi No. 2, 35-46. Fakultas Psikologi UGM.

Coleman, M. (2020). Modeling teaching strategy examples for English language learners. https://www.teachhub.com/teaching-strategies/2020/08/modeling-teaching-strategy-examples-for-english-language-learners/.

Ghufron, M. N., & Rini R. S. (2010). Teori-teori psikologi. Ar-Ruzz Media.

Haston, W. (2007). Teacher modeling as an effective teaching strategy. Music Educators Journal, 93(4), 26-30. https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/002743210709300414

Harbour, K. E., Evanovich, L. L., Sweigart, C. A., & Hughes, L. E. (2015). A brief review of effective teaching practices that maximize student engagement. Preventing School Failure: Alternative Education for Children and Youth, 59(1), 5-13. https://www.researchgate.net/publication/279955518_A_Brief_Review_of_Effective_Teaching_Practices_That_Maximize_Student_Engagement

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Surat edaran mendikbud nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat coronavirus disease (Covid-19).

Khoiri, I., & Tylor, R. (2003). Confidence in just seven days meraih kepercayaan diri hanya dalam tujuh hari. Diva Press.

Mastuti, I. (2008). Lima puluh kiat percaya diri. Hi-Fest Publishing.

Nasution, S. S., & Sukmawati, N. N. (2019). Model united nations: Improving the Students' Speaking Skill. JEES (Journal of English Educators Society), 4(2), 47-52.

Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra. BPFE

Rosenberg, M. J.(2001). E-learning: Strategies for delivering knowledge in the digital age. McGraw-Hill Professional.

Salama, S. (2014). Hubungan tipe kepribadian big five dengan kepercayaan diri berbicara di depan umum mahasiswa semester IV Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang [Unpublished doctoral dissertation]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Sidiq, A. (2018). Improving speaking skill by using modeling strategy at the grade ten students of smk nmc malang. JEELL (Journal of English Education, Linguistics and Literature), 4(2), 6-10. https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/jeel/article/view/903




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/acb.v1i2.10874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.