Peningkatan Kemampuan Siswa SD dalam Teknik Bercerita, Berpuisi, dan Berpidato untuk Mengikuti Kompetisi Bahasa Inggris di Jampang English Village Bogor

Anita Sari, Erni Nainggolan, Tito Dimas Atmawijaya, Laksmy Ady Kusumoriny, Purwanti Taman

Abstract


Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah memberikan pelatihan kompetisi Bahasa Inggris untuk peserta didik Jampang English Village (JEV) dan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam mempraktikkan bercerita dalam Bahasa Inggris, membaca puisi serta berpidato dalam Bahasa Inggris. Selain itu kompetisi ini bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam ketrampilannya berbahasa Inggris. Target dalam kegiatan PKM ini adalah peserta didik JEV di Bogor. Metode yang digunakan yaitu dengan pendekatan Total Physical Response (TPR) yang mengedepankan penggunaan bahasa tubuh dalam memberikan tips atau strategi dalam menghadapi kompetisi Bahasa Inggris. Selain itu peserta didik juga diberikan pembekalan dalam berinteraksi dengan penonton ketika berada di depan panggung. Kegiatan pengabdian mulai dari tahap persiapan yakni observasi dan sosialisasi, sedangkan untuk pelaksanaan mulai dari penyajian materi, praktik, refleksi dan evaluasi. Pada akhir pelaksanaan kegiatan PKM, peserta lomba Bahasa Inggris memahami teknik pembelajaran Bahasa Inggris yang berkaitan poetry, storytelling, and speech competition, meningkatkan kemampuan berbicara dan pengucapan yang benar disetiap kata.

Keywords


teknik pelatihan Bahasa Inggris; kompetisi Bahasa Inggris; puisi; bercerita; pidato

Full Text:

PDF

References


English First. (2020). Poetry, prose, dan poem dalam bahasa Inggris.

Hachar, T. (2018). How to run a successful speech contest. Retrieved from https://www.judgify.me/l/blog/run-successful-speech-contest/#:~:text=Speech%20contests%20are%20any%20public,within%20a%20group%20of%20people.

IJAL 2 (1) (2017) International Journal of Active Learning https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal/article/viewFile/10602/6472

Larsen-Freeman, D., & Anderson, M.(2000). Techniques and principles in language learning. New York: Oxford University Press.

Puisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Retrieved from https://www.ef.co.id/englishfirst/kids/blog/poetry-prose-dan-poem-dalam-bahasa- inggris/

Richard, J., & Rodgers, T.(2001). Approaches and methods in language

Salad, H. (2014). Panduan wacana dan apresiasi seni baca.

Sayuti, S. A. (2008). Berkenalan dengan puisi. Yogyakarta: Gama Media.

Setiawati, N. (2020). Short story: Pengertian, jenis, struktur dan contohnya dalam bahasa inggris. Retrieved fromhttps://www.ilmubahasainggris.com/short-story-pengertian-jenis-struktur-dan-contohnya-dalam-bahasa-inggris/

Tarigan, H.G. (2009). Pengajaran kedwibahasaan. Bandung: Angkasa.

Teaching (1st ed). Cambridge: Cambridge University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/acb.v1i1.9127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.