Perbaikan Label Dan Kemasan Menggunakan Food Container Pada Usaha Rumahan Di Desa Ngaban, Tanggulangin, Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i3.12739Keywords:
Usaha Rumahan, Perbaikan Kemasan, LabelisasiAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat universitas Narotama Surabaya ini bertujuan secara fokus untuk membantu permasalahan dalam perbaikan kemasan dan labelisasi produk usaha rumahan, khususnya di desa Ngaban Tanggulangin Sidoarjo. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini di awali kunjungan rumah untuk melihat secara langsung kondisi produk usaha rumahan yang dijadikan objek penyuluhan dan pelatihan. Dari kunjungan tersebut diperoleh hasil bahwa dari 19 usaha rumahan, ada 12 usaha rumahan (63,2%) yang produknya perlu mendapat pelatihan dan perbaikan kemasan beserta labelnya. Sedangkan 5 tempat usaha rumahan (26,3%) sudah menerapkan perbaikan kemasan dan label, dan 2 tempat usaha (10,5%) menunda karena sesuatu sebab. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini maka usaha rumahan di desa Ngaban dapat mengembangkan pasarnya dan meningkatkan nilai jual produknya. Setelah mengikuti pelatihan ini rata-rata 86,3% pelanggan usaha rumahan menyatakan kemasan dan label produk usaha rumahan tersebut menyatakan bagus.References
Cenadi, C. S. (2000). Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran, Nirmana, 2(2).
Badan Pusat Statisitk, (2020), 13 Kategori Jenis Usaha Besar dan Kecil di Provinsi Jawa Timur, Retrieved from: https://se2016.bps.go.id/umkumb/index.php/site?id= 35&wilayah=Jawa-Timur, diakses tanggal 7 Juni 2021
Fithria, A., & Hafizianor, A. A. R. (2021). PKM Perbaikan Kemasan Produk Rumahan Gula Aren Di Desa Sungai Tuan Ulu Kecamatan Astambul. In PRO SEJAHTERA (Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat), 3(1).
Julyantari, N. K. S., Purnama, I. G. A. V., Bagiarta, I. G. N. N., Pertama, P. P. G. P., & Liandana, M. (2021). Implementasi Website untuk Media Pemasaran Online dan Perbaikan Kemasan Produk. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 1(1), 26-33.
Kementerian Perindustrian RI, (2020), Indonesia Berpotensi Lahirkan Banyak Global Brand, 7 September 2020, Retrieved from: https://kemenperin.go.id/artikel/21981/Indonesia-Berpotensi-Lahirkan-Banyak-Global-Brand, diakses tanggal 16 Juni 2021.
Muchtar, R. M., Andyanto, H., & Zainudin, M. (2018). Perbaikan Kemasan Dan Pelabelan Produk Keripik Singkong Madura Untuk Mewujudkan Pelaku Usaha Mandiri Menyongsong Tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN Yang Berkelanjutan. Jurnal ABDIRAJA, 1(1), 14-18.
Mukhtar, S., & Nurif, M. (2015). Peranan packaging dalam meningkatkan hasil produksi terhadap konsumen. Jurnal Sosial Humaniora (JSH), 8(2), 181-191.
Nugroho, S. B., Adhityawan, M., & Agustini, D. H. (2019). Pendampingan Pemasaran Melalui Perbaikan Kemasan Produk Makanan Ringan Pengusaha Kecil di Semarang Utara. Patria: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-9.
Nursiwi, A., Ishartani, D., Siswanti, S., & Sari, A. M. (2019). Perbaikan Kemasan Untuk Meningkatkan Nilai Jual Sosis Solo Di UKM Sosis Gajahan. Jurnal Sinergitas PKM & CSR, 4(1), 74-85.
Prameswari, N. S. (2018). Strategi Branding melalui Inovasi Desain Kemasan bagi Home Industry Sabun Cair. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia), 3(02), 179-198.
Pudjiastuti, W., & Herman, S. (2009). Peningkatan Nilai Tambah Makanan Khas Daerah Melaui Perbaikan Kemasan. Journal of Industrial Research (Jurnal Riset Industri), 3(3).
Puteri, R. A. M., & Prasetyawati, M. (2018). Analisa Penyebab Kegagalan Kemasan Cup Minuman Instan Aloe Vera. In Prosiding Seminar Nasional Teknoka (Vol. 3, pp. M27-M31).
Suhargo, M. C. N., Adib, A., & Suhartono, A. W. (2014). Perancangan Redesain Kemasan dan Promosi Bagiak Pelangi Sari sebagai Buah Tangan Khas Banyuwangi. Jurnal DKV Adiwarna, 1(4), 12.
Suriasih, K., (2021), Pendidikan Dan Teknologi Di Era Society 5.0, Bali Post, 6 Juli 2021, https://www.balipost.com/teknologi-sociaety/5.0/ diakses tanggal 8 Juli 2021.
Suryaningsih, Y. (2018). Perbaikan Kemasan Dan Pemasaran IKM Petis Ikan Di Desa Kilensari Kecamatan Panarukann. In Conference on Innovation and Application of Science and Technology, (CIASTECH). (1), 40-49.
Wibowo, B. K. (2015). Hubungan Daya Tarik Kemasan Botol Pada Teh Gelas Dengan Pembelian Konsumen, Survey Pada Siswa SMK 28 Oktober 1928, Doctoral dissertation, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.