Perancangan dan Penerapan E-Marketplace Untuk Usaha Kecil dan Menengah Pada Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Depok Jaya

Authors

  • Dede Hendra Universitas Pamulang
  • Ani Merati Universitas Pamulang
  • Siti Aprilliani Universitas Pamulang
  • Muhamad Faozan Afandi Universitas Pamulang
  • Nardiono Nardiono Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i1.6056

Keywords:

E-Marketplace, Usaha Kecil dan Menengah

Abstract

Kegiatan pegabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan memberikan penyuluhan terkait pengetahuan bagaimana cara memaksimalkan penjualan melalui pemasaran online yaitu dengan membuka usaha di E-Marketplac. Adapun metode yang dilakukan berupa penyampian materi dalam bentuk teori presentasi dan praktik/penerapan pembuatan akun di E-Marketplace. Metode kegiatan yang digunakan adalah bekerjasama dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Depok, kegiatan dilaksanakan di Masjid Al Awwal Jalan Mawar Raya Depok Jaya dan memberikan solusi sesuai dengan permasalahan yang dihadapi yaitu memberikan pelatihan dalam bentuk materi dan praktek yang bertujuan mengembangkan kemampuan untuk meningkatkan pemasaran via media  online di E-Marketplace bagi para peserta dari LPM. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sebelum pelaksanaan PKM, para peserta dari Lembaga Pemberdayaan Maasyarakat (LPM) sudah mengenal beberapa jenis E-Marketplace, yang terkait dengan pemasaran produk lewat media online yang berada didalam satu Market, tetapi mereka hanya mengetahui jenis-jenis E-Marketplace nya saja, mereka belum bisa membuat akun dan melakukan publikasi produk ke dalam akun E-Marketplace tersebut. Namun setelah pelaksaan kegiatan diketahui para peserta dari LPM tersebut dapat memahami dasar-dasar pembuatan akun dengan cara memilih Marketplace yang sesuai dengan produk/jasa yang akan mereka pasarkan agar dapat mencapai sasaran yang tepat.

References

https://panmas.depok.go.id/profil/kelurahan/kelurahan-depok-jaya

https://www.wartaekonomi.co.id/read216302/pertumbuhan-e-commerce-pesat-di-indonesia.html

Indrajit, R. (2001). E-Commerce Kiat dan Strategi di Dunia Maya. Jakarta: PT Elex Media Komputerindo.

Iyas, (2011) Implementasi Sistem Penjualan Online Berbasis E-Commerce Pada Usaha Rumah Griya Unik Wanita, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

STMIK MDP, Aplikasi E-Marketplace Berbasis Web 2.0

Downloads

Published

2020-07-07

How to Cite

Hendra, D., Merati, A., Aprilliani, S., Afandi, M. F., & Nardiono, N. (2020). Perancangan dan Penerapan E-Marketplace Untuk Usaha Kecil dan Menengah Pada Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Depok Jaya. DEDIKASI PKM, 1(1), 60–66. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i1.6056