Implementasi Kewirausahaan dan Koperasi Di Sekolah Pada Smk Mulia Buana, Parung Panjang – Kab. Bogor

Authors

  • Aidil Amin Effendy Universitas Pamulang
  • Arief Budiyanto Universitas Pamulang
  • Ahmad Nurhadi Universitas Pamulang
  • Heri Murtiyoko Universitas Pamulang
  • Mahnun Mas’adi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i2.6459

Keywords:

Kewirausahaan, Koperasi, Sekolah

Abstract

Tujuan dari Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat adalah untuk melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi. Selain itu diharapkan dengan pengabdian kepada masyarakat tersebut keberadaan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi besar kepada pengembangan dan penerapan keilmuan kepada masyarakat. Khususnya siswa-siswi SMK Mulia Buana Parung Panjang Bogor. Metode yang digunakan pada Pengabdian masyarakat ini berupa ekspositori yaitu penyampaian materi secara verbal dan inquiry yaitu pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir kritis dan analitis terkait kelimuan kewirausahaan serta gambaran secara langsung terkait jenis-jenis usaha, ide inovatif dan kreatif dalam berwirausaha, seperti usaha yang diwujudkan melalui pengumpulan barang-barang bekas yang dapat dirubah menjadi tas, souvenir yang dapat dijual dengan menggunakan alat dan bahan yang mudah didapat. Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah bertambahnya keilmuan siswa siswi SMK Mulia Buana mengenai kewirausahaan dan mereka mampu menerapkan Ilmu dan keterampilan yang diperoleh pada Pengabdian Masyarakat ini serta diharapkan mampu memberikan semangat baru untuk berwirausaha.

References

Ardiana, I.D.K.R., Brahmayanti, L.A. dan Subaedi. 2010. “Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM di Surabaya.†Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 12 (1)

Mulia Buana, Yayasan. 2019. http://sma-smkmuliabuana.sch.id/. diakses pada tanggal 18 Agustus 2019

Nasution, Prof. Dr. S., 2015. “Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajarâ€, PT Bumi Aksara, Jakarta

Sear, L., Tracy S., Janine S., dan Simon D. 2012. “Graduate Recruitment to SMEs Final Report.†SFEDI: County Durham

Vivathuvahna, A.A. dan Nugroho, T.R.D.A. 2015. “Intensi Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura.†Jurnal Agriekonomika, 4 (1).

Downloads

Published

2020-05-31

How to Cite

Effendy, A. A., Budiyanto, A., Nurhadi, A., Murtiyoko, H., & Mas’adi, M. (2020). Implementasi Kewirausahaan dan Koperasi Di Sekolah Pada Smk Mulia Buana, Parung Panjang – Kab. Bogor. DEDIKASI PKM, 1(2), 105–110. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i2.6459