PENDIDIKAN DAN PELATIHAN MEMBANGUN KREATIVITAS DAN KEMANDIRIAN SISWA SMK VIA MEDIKA, CIPUTAT

Ibrahim Bali Pamungkas, Arief Budiyanto, Alvin Praditya, Wahyu Andri Wibowo, Laura Komala

Abstract


Pengabdian ini berjudul Pendidikan dan Pelatihan Membangun Kreativitas dan Kemandirian Siswa SMK Via Medika, Ciputat. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan arahan dan juga bimbingan terhadap siswa SMK Via Medika, hal pengembangan kreativitas dan kemandirian agar dapat mengembangkan potensi diri. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu. 1) Tahapan Pendahuluan; dalam tahapan ini meliputi kegiatan survei lapangan dan hubungan dengan objek lokasi pengabdian serta penyusunan rancangan kegiatan dan keluaran dari kegiatan tersebut. 2) Tahapan Sosialisasi; dalam tahapan ini tim yang sudah menyusun dan membentuk rancangan acara kemudian menyampaikan kepada pihak sekolah serta pelaksanaan beserta keluaran yang ditentukan. 3) Tahapan pelaksanaan; tahapan ini adalah pelaksanaan dari rancangan kegiatan yang telah ditetapkan. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah siswa antusias terhadap pelakasanaan kegiatan yang bersifat dalam pengembangan diri sehingga membangkitkan daya kreativitas dan kemandirian yang pada akhirnya berujung kepada kewirausahaan. Harapan dari kegiatan pengabdian ini adalah dapat membuka wawasan siswa agar bisa lebih mengembangkan diri terutama dalam hal kreativitas dan kemandirian belajar. Sehingga akan dapat memberikan dampak baik di lingkungan keluarga, sekolah ataupun lingkungan masyarakat pada umumnya.

Kata Kunci: Pelatihan, Pendidikan, Kreativitas, Kemandirian, Sekolah

Full Text:

PDF

References


Armiati. (2011). Strategi Mewujudkan Sekolah Kejuruan Berbasis Kewirausahaan Dalam Peningkatan Kemandirian Dan Kreatifitas Siswa Melalui Koperasi Sekolah. Tingkap, 2, 147–160.

Dumilah, R., Sunarto A., Ahyani, Solihin, D., Maulida H. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Untuk Promosi Usaha Atau Bisnis Bagi Siswa. DEDIKASI PKM. Vol. 1. No. 1.

Fatmawati, S. (2015). Hubungan Sikap Dan Kemandirian Siswa Terhadap Prestasi Belajar. Oikonomia - Jurnal Pendidikan Ekonomi, 24–27.

Jumaisyaroh, T., & Hasratuddin, E. E. N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. 5(1), 88.

Nurhidayah, S. Dkk. (2015). Konsep Diri Dan Kemandirian Dengan Kecemasan Pada Siswa Kelas X Dan Xi. Soul; Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, Vol. 8(No. 1), 6–8. Https://Doi.Org/10.16309/J.Cnki.Issn.1007-1776.2003.03.004

Nuryani, A. Dkk. (2013). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Kemandirian Belajar Dan Kreativitas Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Sma Muhammadiyah Di Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 1(1), 15–29.

Prasetyaningsih, Astuti, D. (2014). Hubungan Kemandirian Belajar Dan Interaksi Edukatif Dengan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd Sekecamatan Purworejo. Kalam Cendekia Pgsd Kebumen, 2(3).

Ricky W. Griffin. (2013). Management (Eleventh E). South Western: Cengage Learning.

Stephen P. Robbins, David A. Decenzo, & Mary Coulter. (2013). Fundamentals Of Management: Essentials Concepts And Applications (8th Edition). Retrieved From Www.Mymanagementlab.Com

Wahyuddin. (2016). Pengaruh Metakognisi, Motivasi Belajar, Dan Kreativitas Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Sabbangparu Kabupaten Wajo. Jurnal Daya Matematis, 4(1), 72–83.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




DEDIKASI PKM: Artikel luaran PKM Prodi Manajemen Universitas Pamulang

Editorial Office :

Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417

Telp/Fax: (021) 7412566

Handphone: 085781477624

E-mail: jurnaldedikasipkmunpam@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.