PENERAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL SEBAGAI BENTUK PENGUATAN MENTAL SDM DI TENGAH PANDEMI COVID 19 DI KELURAHAN KUKUSAN RT 06 RW 05 KECAMATAN BEJI KOTA DEPOK JAWA BARAT 16425

Ma’fiyah Ma’fiyah, Dedek Kumara, Muhammad Musyfiq Salami, Nugroho Adi Utomo, Nurilah Hanum

Abstract


Masuknya virus corona ke wilayah Indonesia akhir-akhir ini membuat kepanikan tersendiri pada masyarakat Indonesia. Kementerian Kesehatan RI mengemukakan bahwa Novel Coronavirus (2019-nCoV) merupakan kategori virus baru yang dapat menyebabkan penyakit pada pernapasan manusia. Semakin meningkatnya jumlah pasien yang diakibatkan Covid-19 ini membuat pemerintah Indonesia mengeluaran berbagai kebijakan untuk dapat menyelesaikan kasus Covid-19, salah satunya adalah dengan mensosialisasikan gerakan Social Distancing. Selain itu pemerintah menerbitkan PP Nomor 21 Tahun 2020 tentang kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang merupakan strategi pemerintah untuk dapat mencegah virus corona semakin menyebar. Dengan adanya pendemi penyakit Covid-19 ini beberapa perusahaan mengurangi jumlah pekerja atau karyawan sehingga terjadi PHK terhadap karyawan sebagai upaya pencegahan penyebaran penyakit. Hal ini berimbas terhadap sektor perekonomian, khususnya bagi para pekerja di sektor informal yang umumnya memiliki pendapatan berbasis harian. Tim PKM dosen Universitas Pamulang telah bekerjasama dengan masyarakat kelurahan Kukusan kecamatan Beji bersatu dengan Aparatur pemerintah setempat membuat gerakan kepedulian terhadap masyarakat terutama pekerja informal yang diwujudkan dalam bentuk pembagian paket sembako  kepada masyarakat kecil dan pekerja informal seperti driver ojek online, pelaku UMKM, hingga tunawisma di sekitaran wilayah Kelurahan Kukusan Kecamatan Beji Kota Depok Jawa Barat. Pada Tanggal 21 Mei 2020 Tim PKM dari Dosen Program Studi Manajemen Universitas Pamulang telah melaksanakan tugas Pengabdian Kepada Masyarakat sesuai yang direncanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan demi mencegah penularan wabah virus corona  sesuai anjuran pemerintah.

Kata Kunci: Tanggung Jawab Sosial, Mental SDM, Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Ade Miranti (2020). Dampak Corona, Serikat Pekerja Minta Pengusaha Tak Lakukan PHK. Kompas.Com. Jakarta. Https://Money.Kompas.Com/Read/2020/03/20/181000226/Dampak-Corona-Serikat- Pekerja-Minta-Pengusaha-Tak-Lakukan-Phk Diakses Pada Tanggal 2 Mei 2020.

Agus Purwanto, Dkk. (2020) Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar, Edupsycouns Jornal, Universitas Muhammadiyah Enrekang: Vol.2, No.1.

Andi Mapisangka (2009). Implementasi CSR Terhadap Kesejahteraan Hidup Masyarakat. Jesp. Vol 1 (1).

Diksi Paisal (2020). Masyarakat Indonesia Menghadapi Corona. Komunitas Sekolah Damai Indonesia.

Bandung Https://Www.Ayobandung.Com/Read/2020/03/13/82433/Masyarakat-Indonesia-Menghadapi- Corona Diakses Pada Tanggal 2 Mei 2020.

Damingun, Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi

Dana Riksa Buana, (2020), Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia Dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) Dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa

Dumilah, R., Sunarto A., Ahyani, Solihin, D., Maulida H. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Untuk Promosi Usaha Atau Bisnis Bagi Siswa. DEDIKASI PKM. Vol. 1. No. 1.

Edi Suharto, (2010). CSR & Comdev Investasi Kreatif Perusahaan Di Era Globalisasi Bandung: Alfabeta.

Elvinaro Ardianto Dan Dindin M Machfudz, (2011), Efek Kedermawanan Pebisnis Dan CSR, Jakarta : Kompas Gramedia.

Fiansyah (2019). Bakti Sosial Di Bulan Ramadhan Bersama Masyarakat Kelurahan Surodinawan. Fakultas Ilmu Sosial. Malang.

Firsan Nova, Republic Relation, (2012), Jakarta : Media Bangsa.

Hadari Nawawi, (2003), Perencanaan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Hendrik Budi Untung, (2008), Corporate Social Resposibility, Jakarta : Sinar Grafika.

Laelia Dwi (2017). Bakti Sosial. Forsila Unissula. Umy

Liputan6.Com.Jakarta. Https://Www.Liputan6.Com/Bisnis/Read/4219701/Pekerja-Informal-Dan-Umkm- Rentan-Terkena-Dampak-Corona# Diakses Pada Tanggal 2 Mei 2020.

Menteri Dalam Negeri, (2020) Buku Pedoman Covid-19 Kemendagri, Jakarta

Nunuk Indarti (2016). Pemberdayaan Industri Mebel Di Kota Pasuruan Dalam Perspektif Capacity Building Melalui Unsur Penguatan Modal Dan Pelatihan Sdm. National On Conference On Economic Education. Pasuruan.

Panduan Interim (2020) Covid-19 Dan Keamanan Pangan: Panduan Untuk Otoritas Yang Berwenang Atas Sistem Pengawasan Keamanan Pangan Nasional, Who Dan Fao.

Pipit Ika Ramadhani (2020). Pekerja Informal Dan Umkm Rentan Terkena Dampak Corona.

Prasetya, Irawan Dkk. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Stia-Lan Press, Jakarta

Priyono Dan Marnis, (2008), Manajemen Sumber Daya Manusia, Surabaya: Zifatama Publishing

Sayuti Hasibuan, (2000) Manajemen Sumber Daya Manusia : Pendekatan Non Sekuler, Surakarta: Muhammadiyah University Press

Veithzal Rivai, 2004, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, (Jakarta: Pt. Rajagrafindo Persada)

Wa Ode Zusnita $ Nury Effendi (2015). Penguatan Sdm Industri Kreatif Melalui Peningkatan Kompetensi Dan Knowledge Management. Pekbis Jurnal Vol 7 (3). Universitas Padjajaran.

Widodo, A. S., Kumara, D., & Wardani, S. (2020). Reorientasi Peran Karang Taruna: Mengembangkan Manajemen Organisasi Yang Selaras Dengan Konteks Pembangunan Daerah. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




DEDIKASI PKM: Artikel luaran PKM Prodi Manajemen Universitas Pamulang

Editorial Office :

Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417

Telp/Fax: (021) 7412566

Handphone: 085781477624

E-mail: jurnaldedikasipkmunpam@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.