APLIKASI SOCIAL RESPONSIBILITY: KEGIATAN BAKTI SOSIAL DALAM MASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN KUKUSAN RT 06 RW 05 KECAMATAN BEJI KOTA DEPOK JAWA BARAT 16425

Mutmainnah Mutmainnah, Arif Siaha Widodo, Ahmad Dimyati, Hanum Puspa Dhiani, Surti Wardani

Abstract


Awal tahun 2020 dunia dihebohkan dengan outbreak virus baru yang disebut virus corona atau novel Corona virus 2019 (nCov-19 atau lebih dikenal dengan COVID-19) diduga berasal dari daerah Wuhan di Cina pada Desember 2019. COVID-19 merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit ringan sampai berat, seperti common cold atau pilek dan penyakit yang serius seperti MERS, SARS serta pneumonia. Setiap orang berisiko terinfeksi COVID-19, terutama anak-anak maupun lansia yang memiliki kekebalan tubuh rendah. Penyebaran virus ini diduga bersumber dari hewan kemudian menginfeksi manusia. Transmisi virus antar manusia ini dapat melalui droplet dari batuk atau bersin serta menyentuh mata, hidung atau mulut setelah menegang barang atau orang yang terkena infeksi COVID-19. Adanya PSBB tentu mengurangi ruang gerak masyarakat apalagi para pekerja yang kesehariannya harus mobile dan bertemu dengan banyak orang. Beberapa industri lumpuh produksi bahkan terpaksa ‘merumahkan’ karyawannya karena kesulitan menjalankan bisnis di masa pandemi COVID-19. Selain meningkatnya jumlah warga yang kehilangan pekerjaan, timbulnya panic buying menyebabkan kelangkaan beberapa bahan makanan, bahkan harga bahan-bahan pokok dan kesehatan (seperti masker, hand sanitizer) menjadi melambung tinggi. Warga yang telah kehilangan pendapatan ditambah pula kesulitan dalam membeli bahan-bahan pokok tentunya menyebabkan kualitas hidup mereka menurun. Pemerintah sudah mencoba memberikan bantuan sosial kepada masyarakat desa, namun nyatanya belum semua menerima manfaat tersebut. Hal ini yang kemudian menimbulkan empati dari masyarakat yang lebih mampu untuk memulai gerakan bakti sosial atau crowdfunding. Bakti sosial atau lebih dikenal dengan baksos merupakan salah satu kegiatan hasil dari rasa kemanusiaan yang timbul untuk sesama. Sedangkan crowdfunding atau urun dana (penggalangan dana) merupakan proses mengumpulkan sejumlah dana yang bertujuan untuk menjalankan suatu proyek atau usaha dan umumnya dilakukan secara daring. Proyek yang dimaksud disini adalah kampanye atau kegiatan bakti sosial itu sendiri. Oleh karena itu kami mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Aplikasi Social Responsibility : Kegiatan Bakti Sosial dalam Masa Pandemi COVID-19 di Kelurahan Kukusan RT 06 RW 05 Kecamatan Beji Kota Depok Jawa Barat 16425”. Sasaran peserta kegiatan ini adalah masyarakat terdampak covid-19 yang membutuhkan di Kecamatan Beji Kota Depok. Metode pelaksanaan PKM ini berupa pendistribusian sembako yang dilakukan Tim Dosen Unpam beserta pihak kelurahan. Hasil kegiatan ini adalah Perwakilan tim dosen UNPAM melakukan pengecekan distribusi secara acak dengan mendatangi beberapa rumah warga. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa bantuan sembako sudah terdistribusi merata di kalangan warga setempat terdampak covid-19. Diharapkan agar warga lebih waspada terhadap berbagai hal yang dapat menyebarkan virus corona, kesadaran warga tehadap kebersihan diri dan lingkungan tempat tinggal, dll.

Kata Kunci: Masyarakat, Pelayanan, Manajemen Pelayanan Publik, Pandemi Covid-19, Penggalangan Dana, Bakti Sosial

Full Text:

PDF

References


Amerta. 2018. Perkembangan CSR di Indonesia. https://www.amerta.id/2018/04/25/1304/perkembangan-csr-di-indonesia.php. Diakses tanggal 9 Mei 2020 pukul 15.50 WIB.

Dhiani, H.P., Widodo, A.S., Hanum, N., Mutmainnah, M., & Dimyati, A. 2020. Membangun Motivasi Siswa yang Mampu Memanajemen Waktu dengan Baik. Jurnal Abdi Laksana 1 (2).

Diniari, E.B. 2018. Sosiologi Kelas 8; Mengenal Kategori Keberagaman Masyarakat Multikultural. https://blog.ruangguru.com/mengenal-kategori-keberagaman-masyarakat-multikultural. Diakses tanggal 9 Mei pukul 14.05 WIB.

Dumilah, R., Sunarto A., Ahyani, Solihin, D., Maulida H. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Untuk Promosi Usaha Atau Bisnis Bagi Siswa. DEDIKASI PKM. Vol. 1. No. 1.

Ernawan, E.R. 2014. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility). Program Studi Manajemen Universitas Pasundan. Jurnal Manajemen dan Bisnis Performa XI (2).

Isman, A.M. 2017. Tanggung Jawab Sosial Dalam Manajerial. https://afifmaulanaisman.wordpress.com/2017/08/23/tanggung-jawab-sosial-dalam-manajerial/. Diakses tanggal 9 Mei 2020 pukul 15.00 WIB.

Kompas.com. 2020. Update : 6 Kabar Baik Soal Penanganan Virus Corona. https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/01/190000965/update-6-kabar-baik-soal-penanganan-virus-corona-di-indonesia?page=3. Diakses tanggal 9 Mei 2020 pukul 16.25 WIB.

Mutmainnah, M., Dhiani, H. P. (2020). Kisah Nabi Sebagai Peningkatan Motivasi Dalam Kegiatan Santriwan/Wati Ditaman Pendidikan Alqur’an Miftahul Huda. Jurnal ABDIMAS, 1(1).

Solihin, D. (2020), Mulai Usaha di Masa Pandemi? Ini ‘Analisis SWOT’ Strateginya. rakyatmerdekanews.com.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




DEDIKASI PKM: Artikel luaran PKM Prodi Manajemen Universitas Pamulang

Editorial Office :

Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417

Telp/Fax: (021) 7412566

Handphone: 085781477624

E-mail: jurnaldedikasipkmunpam@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.