PENGELOLAAN HASIL PERTANIAN DALAM MENINGKATKAN HARGA JUAL PADA PETANI DI DESA CICALENGKA KECAMATAN PAGEDANGAN KABUPATEN TANGERANG - BANTEN

Iriana Kusuma Dewi, Ahyani Ahyani, Aden Prawiro Sudarso, Liawati Liawati, Widowati Widowati

Abstract


Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya di Universitas Pamulang. Selain itu diharapkan dengan pengabdian kepada masyarakat tersebut keberadaan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi kepada pengembangan penerapan keilmuan kepada masyarakat. Metode yang digunakan pada pengabdian kepada masyarakat ini penyampaikan materi secara verbal dalam pelaksanaan ini materi dalam penyuluhan berisi tentang bagaimana cara untuk membuat website dan memasarkan hasil produksi pertanian. Sehingga masyarakat (petani) juga bisa mengelola sendiri penjualan hasil produksi pertanian. Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk masyarakat Desa Cicalengka adalah kegiatan untuk mengatasi permasalahan dalam menjual serta memasarkan hasil produksi pertanian. Dimana kegiatan yang diberikan adalah bagaimana cara membuat website untuk menjual hasil produksi pertanian secara online sehingga petani dapat menentukan sendiri harga jualnya serta model kemasan untuk packing hasil pertanian tersebut. Ilmu yang diperoleh pada pengabdian masyarakat ini harapannya semakin memberikan wawasan mengenai bagaimana cara menjual serta memasarkan hasil produksi pertanian dengan menggunakan website, hal ini bertujuan agar para petani dapat memperoleh keuntungan sesuai dengan apa yang sudah mereka keluarkan untuk biaya produksi khususnya bagi para petani di Desa Cicalengka, Kec. Pagedangan Kab. Tangerang – Banten.

Kata Kunci : Peningkatan Hasil Produksi, Pertanian, Wirausaha

Full Text:

PDF

References


Dewi, I. K., dan Solihin, D. (2020). Pengaruh Current Ratio Dan Net Profit Margin Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2015-2018. JURNAL ILMIAH FEASIBLE: Bisnis, Kewirausahaan & Koperasi. Vol. 2, No. 2.

Dewi, I.K., Rahman, A. S., Harturi, E. T. K., Septiani, Y., & Jamaludin, P.P. (2020). Penyuluhan Pemanfaatan Limbah Buah Menjadi Pupuk Cair Organik Untuk Memenuhi Kebutuhan Petani Buah Palawija Dan Sayuran Di Desa Karang Dadap Kecamatan Kalibagor, Banyumas – Jawa Tengah. Indonesian Journal of Society Engagement. Vol. 1. No. 1.

Ilham dan Hermanto. (2007). Dampak Kebijakan Harga Pangan dan Kebijakan Moneter Terhadap Stabilitas Ekonomi Makro. Jurnal Agro Ekonomi. 25 (1) 55 – 83.

Isa, I. (2006). Strategi Pengendalian Alih Fungsi Lahan Pertanian. http://balittanah litbang.deptan.go.id/dokumentasi/prosiding/mflp2006/.

Masrukin S.P, (2020). Pemberdayaan Penyuluhan Pertanian Dalam Menerapkan-Inovasi Teknologi Pertanian Terkini dan Dunia Maya Menyongsong Era Digital, Globalisasi dan Pandemi Global Covid -19. Nganjuk.

Nugroho I., & Dahuri R. (2004). Pembangunan Wilayah: Persepsi Ekonomi, Sosial dan Lingkungan. Jakarta, LP3ES.

Pesandaran, E, (2006). Alternatif Kebijakan Pengendalian Konversi Lahan Sawah-Beririgasi di Indonesia. Jurnal Litbang Pertanian. 25(4):123-129.

Solihin, D. (2019), Pengaruh Current Ratio dan Debt To Equity Ratio Terhadap Return On Asset (ROA) Pada PT Kalbe Farma, Tbk. KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang 7 (1), 115-122.

Solihin, D. (2020), Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Pada PT Prima Ufuk Semesta (Studi Empiris Pada Outlet Rekanan PT. Prima Ufuk Semesta di Wilayah JABODETABEK), Jurnal Semarak, Vol. 3. No. 1.

Solihin, D. (2020), Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri. Vol. 4. No. 1.

Solihin, D., dan Wibawanto, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif. Vol. 3. No. 3.

Sulaeman, (2018). Pkm Kelompok Tani Sayuran Dalam Penggunaan Teknologi -Pengelolaan Hama dan Penyakit Ramah Lingkungan dan Teknologi-Pemupukan Organik Untuk Meningkatkan Produktivitas dan -Pendapatan Petani Di Desa Karawana Kecamatan Dolo Kabupaten - Sigi. Jurnal Abditani. 1 (1) 50 – 57.

Yunita I, (2007). Lahan Pertanian Abadi (LPA) di Kabupaten Tangerang. Jurnal-Litbang Pertanian. Bekasi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




DEDIKASI PKM: Artikel luaran PKM Prodi Manajemen Universitas Pamulang

Editorial Office :

Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417

Telp/Fax: (021) 7412566

Handphone: 085781477624

E-mail: jurnaldedikasipkmunpam@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.