OPTIMALISASI ANGGARAN KEUANGAN DI MASA PANDEMI PADA DESA CICALENGKA KABUPATEN PAGEDANGAN TANGERANG

Sri Mardiana, Wawan Supriyatna, Yenny Merinatul Hasanah, Zakaria Zakaria, Indri Indirasari

Abstract


Tujuan dilakukannya pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan penyuluhan dan sosialisasi mengenai optimalisasi anggaran keuangan di masa pandemi pada Desa Cicalengka Kabupaten Pagedangan Tangerang. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah dengan tahap sosialisasi, tahap observasi, dan tahap pelaksanaan. Pengabdian Kepada Masyarakat ini membantu perangkat desa dalam memahami dan menggunakan dana desa sesuai dengan program kemitraan masyarakat yang di tetapkan oleh pemerintah pusat. Perangkat desa sebagian besar belum mampu mengelola dana anggaran sesuai rencana di sebabkan oleh keterbatasan pengetahuan dan sosialisasi mengenai fungsi dari Anggaran dana desa ini. Perangkat desa termasuk Kepala Desa dan jajarannya harus mampu secara pasti dalam pengelolaan sehingga manfaat dana desa ini dapat membangun masyarakat sekitar. Dengan adanya penyaluran Dana desa oleh pemerintah pusat juga dapat menciptakan lapangan kerja baru untuk masyarakat seperti pembukaan lokasi wisata yang membutuhkan tenaga kerja baru dalam pengelolaannya sehingga dapat memberdayakan masyarakat, membangun tempat pendidikan baru untuk anak usis dini (PAUD) atau membangun tempat atau gedung untuk taman bermain untuk anak-anak. Dana desa di rasa efektif jika perangkat desa bisa secara bahu membahu dalam bekerja demi mencapai tujuan desa yang mandiri. 

Kata Kunci: Optimalisasi Anggaran Keuangan, Perangkat Desa

Full Text:

PDF

References


Anonimous. (2014). Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa: Jakarta.

BPKP. (2015). Juklak Bimkon Pengelolaan Keuangan Desa. Jakarta: Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah.

Mardiana, S., Supriyatna., W., Zakaria, Dumilah, R., & Budhiarjo, I. S. (2020). Sosialisasi Dan Penyuluhan Tentang Pentingnya Menabung Bagi Generasi Muda Khususnya Siswa Madrasah Tsanawiyah Mts Mathlaul Anwar Pamulang. DEDIKASI PKM. Vol. 1. No. 2.

Kementrian Keuangan Republik Indonesia. (2017). Jakarta: Buku Pintar Dana Desa.

Yayuk, Y. Dan Mangku P. (2003). Sosiologi Pedesaan. Yogyakarta: Lapera Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




DEDIKASI PKM: Artikel luaran PKM Prodi Manajemen Universitas Pamulang

Editorial Office :

Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417

Telp/Fax: (021) 7412566

Handphone: 085781477624

E-mail: jurnaldedikasipkmunpam@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.