Pemberdayaan Umkm di Desa Situ Gadung Melalui Sosialisasi Manajemen Pemasaran Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Adisa Ramadhan Wiloso Universitas Pamulang
  • Acha Hirdie Yodanma Universitas Pamulang
  • Muhammad Irfan Baehaqi Universitas Pamulang
  • Teddi Darmadi Universitas Pamulang
  • Irwan Saputra Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i2.9767

Keywords:

Sosialisasi, Manajemen Pemasaran, UMKM, t-test, Covid-19

Abstract

Secara statistik, sumbangsih usaha mikro kecil menengah (UMKM) terhadap nilai PDB di Indonesia lebih dominan dibanding usaha besar (UB). Oleh sebab itu, upaya peningkatan kinerja UMKM di masa pandemi covid-19 ini perlu dilakukan untuk menjaga stabilitas ekonomi negara. Salah satunya adalah dengan melakukan sosialisasi kepada pada para pelaku UMKM tentang manajemen pemasaran melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM). Artikel ini memuat hasil dan diskusi terkait kegiatan PKM yang dilakukan oleh mahasiswa magister manajemen Universitas Pamulang di Desa Situ Gadung, kecamatan Cisauk, kabupaten Tangerang, Banten. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja ekonomi pelaku UMKM di wilayah tersebut. Metode yang digunakan berupa pemaparan materi secara langsung dan uji pemahaman melalui pengisian kuesioner, yaitu pre-test dan post-test. Hasil analisis t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai pre-test dan post-test signifikan, yaitu nilai post-test lebih tinggi dibanding pre-test. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan PKM ini memberikan manfaat bagi para pelaku UMKM di Desa Situ Gadung. Saran dari penulis adalah menyertakan kegiatan santai berupa kuis atau permainan yang interaktif untuk kegiatan PKM selanjutnya. Hal ini diperlukan agar para hadirin yang mengikuti kegiatan tersebut lebih antusias, sehingga keefektifan penyampaian materi menjadi lebih optimal.

References

Amadeo, K., (2020). Economic Contractions With Examples [WWW Document]. URL https://www.thebalance.com/economic-contraction-4067683 (accessed 12.9.20).

Andyarini, E.N., Oktorina, S., Rosidi, H., (2020). Strengthening Self Capacity of ex-Localization of Prostitution Community at Bangunsari Surabaya for Economic Independence through Asset Based Community-Driven Development (ABCD) Approach. Engagem. J. Pengabdi. Kpd. Masy. 4, 278–297. https://doi.org/10.29062/engagement.v4i2.293

Arsid, H., Kumara, D., Ma’fiyah, Hanum, N., Dimyati, A., (2021). Membangkitkan UKM dalam dunia pesantren: upaya meningkatkan ekonomi ummat di pondok pesantren yatim Al Hanif Kel. Serua, Kec. Ciputat, kota Tangerang Selatan. Abdi Laksana J. Pengabdi. Kpd. Masy. 2, 192–198.

Elburdah, R.P., Pasaribu, V.L.D., Rahayu, S., Fauziah Septiani, Metarini, R.R.A., (2021). Mompreneur Penopang Perekonomian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Bisnis Online Pada Kelurahan Pondok Benda. Abdi Laksana J. Pengabdi. Kpd. Masyaraka 2, 75–82.

Faisal, R., Sudirman, G., Fahmi, D., Muhamad, E., (2020). Upaya Meningkatkan Total Asset Turnover Dengan Implementasi Strategi Pemasaran yang Efektif. Implementasi J. Pengabdi. Masy. 1, 68–73.

Faizah, S.N., Khairiyah, U., Wahyudi, W.E., Risma, M., 2020. Pendampingan Orang Tua Siswa Melalui Penyusunan Media Alat Hitung Manual (ALHIMA) dalam Mendampingi Anak Belajar dari Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19. Engagem. J. Pengabdi. Kpd. Masy. 4, 327–342. https://doi.org/10.29062/engagement.v4i2.311

Fajri, C., Susanto, Suworo, Sairin, Tarwijo, (2020). Pelatihan Perencanaan Kewirausahaan Hidroponik Dan Penguatan Kelembagaan Santripreneur Di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Pengasinan Depok. Abdi Laksana J. Pengabdi. Kpd. Masy. 1, 198–204.

Falikhatun, Wahyuni, S., Muthmainah, Cholil, M., (2021). Model Pemberdayaan Usaha Kecil Menegah (UKM) Berbasis Dana Desa. Abdi Laksana J. Pengabdi. Kpd. Masy. 2, 133–139.

Ganar, Y.B., Sahroni, Zulfitra, Apriansyah, M., Susanto, (2020). Manajemen Strategi Pengembangan Wisata Goa Gudawang. Abdi Laksana J. Pengabdi. Kpd. Masy. 2, 83–87.

Karmiyati, S., Khoiriah, N., Ningsih, D., Abdullah, Purnama, A., (2021). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Dengan Kerajinan Kain Perca Guna Meningkatkan Pendapatan Ibu-Ibu Rumah Tangga Dan Guru-Guru TK RA Al Qur’aniyah Kelurahan Pondok Cabe Ilir. Dedik. PKM 2, 1–7.

Kementerian KUKM, (2011). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Dan Usaha Besar (UB) Tahun 2010 - 2011.

Kementerian Perdagangan, (2020). PDB Pengeluaran [WWW Document]. URL https://statistik.kemendag.go.id/gross-domestic-product (accessed 12.9.20).

Kotler, P., Keller, K.L., (2016). Marketing Management, Pearson Education Limited.

Muluk, M.R.K., Ari, D.P.S., Hanum, L., (2020). Pemetaan Potensi Pariwisata Berbasis Komunitas Melalui Eksplorasi Keunikan Seribu Pantai di Malang Selatan. Engagem. J. Pengabdi. Kpd. Masy. 4, 309–326. https://doi.org/10.29062/engagement.v4i2.93

Muslih, M., Etica, U., Rosanti, E., Hastuti, E.W., Mubarok, W., (2020). Pengembangan Sentra Produksi Kemasan Berbasis Anyaman Bambu Melalui Pemberdayaan Karang Taruna dan PKK untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Desa Mojorejo Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo. Engagem. J. Pengabdi. Kpd. Masy. 4, 343–362. https://doi.org/10.29062/engagement.v4i2.222

Nazir, A., Nizar, N.I., Putranto, I., Eliyani, C., N, A.Y., (2021). Manajemen kewirausahaan pada era industri 4.0 di PKBM cipta tunas karya. Dedik. PKM 2, 8–13.

Nurismalatri, Pratama, Y., Aesah, S., Djoko prasetyo, Rahmadania, S.A.N., (2021). Wujud Nyata Peran Pemuda Dan Organisasi Masyarakat Dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Di Masa Pandemi Covid 19. Dedik. PKM 2, 26–32.

Paramashanti, B.A., Sulistiyawati, S., (2020). Reinforcing Roles of Lady Health Workers in Sedayu Community Feeding Center: Six-Steps Program Planning and Evaluation. Engagem. J. Pengabdi. Kpd. Masy. 4, 298–308. https://doi.org/10.29062/engagement.v4i2.147

Salim, W., (2020). COVID-19’s impact on growth by sector, region [WWW Document]. Jakarta Post. URL https://www.thejakartapost.com/academia/2020/09/01/covid-19s-impact-on-growth-by-sector-region.html (accessed 12.9.20).

Sarwani, Sunardi, N., Nurzaman AM, E., Marjohan, M., Hamsinah, (2020). Penerapan Ilmu Manajemen dalam Pengembangan Agroindustri Biogas dari Limbah Kotoran Sapi yang Berdampak pada Kesejahtraan Masyarakat Desa Sindanglaya Kec. Tanjungsiang, Kab. Subang. J. Abdi Masy. HUMANIS 1, 75–86.

Shabrina, N., Mukrodi, Saputra, M., Marayasa, I.N., Yulianti, R.M., (2021). Pelatihan Bisnis Online UKM Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang-Banten. DEDIKASI PKM. 2, 21–25.

Student, (1908). The Probable Error of a Mean. Biometrika 6, 1–25.

Sudaryana, Y., Sarwani, Subur, H., Aulia, R., Nurhasanah, N., Nugroho, A., Sujarwadi, R., (2021). Bimbingan Teknis Digital Marketing Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Penjualan IKM/UMKM Di Kabupaten Tangerang Di Tengah Pandemi Covid 19. Abdi Laksana J. Pengabdi. Kpd. Masy. 2, 35–42.

Sunarto, A., Sartika, D., Cay, S., Sumiaty, R.Y., M. Anton Nurhidayat, (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dirumah Masing-Masing Selama Masa Pandemic Covid-19 Pada YPMS Darussalam Kedaung Pamulang. DEDIKASI PKM. 2, 14–20.

Supiandi, G., Priatna, I.A., Saprudin, U., Maduningtias, L., Suleman, E., (2021). Pentingnya Melakukan Pemetaan Dan Segmen Pasar Dalam Penjualan Produk Koperasi Maestro 2012. DEDIKASI PKM 2, 38–43.

Syamsudin, M., (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap UMKM di Indonesia [WWW Document]. URL https://www.nu.or.id/post/read/123247/dampak-pandemi-covid-19-terhadap-umkm-di-indonesia (accessed 12.9.20)

Downloads

Published

2021-05-01

How to Cite

Wiloso, A. R., Yodanma, A. H., Baehaqi, M. I., Darmadi, T., & Saputra, I. (2021). Pemberdayaan Umkm di Desa Situ Gadung Melalui Sosialisasi Manajemen Pemasaran Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19. DEDIKASI PKM, 2(2), 219–227. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i2.9767