Strategi Pemasaran Usaha Kue Chusnul Bakery Di Jalan Kedung Asem Surabaya

Authors

  • Novita Nur Fitria Dewi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur
  • Lia Nirawati Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v4i3.10385

Keywords:

Marketing Strategy, SWOT Analysis, EFAS Matrix, IFAS Matrix

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Chusnul Bakery di Jalan Kedung Asem Surabaya yang merupakan usaha di bidang makanan yaitu bakery dan memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui dan menganalisis Strategi Pemasaran yang diterapkan oleh Chusnul Bakery. Sampel pada penelitian ini adalah pemilik usaha, karyawan dan konsumen Chusnul Bakery. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengambilan data observasi dan wawancara mendalam. Sedangkan teknik analisis menggunakan analisis SWOT. Dari penelitian ini didapatkan hasil IFAS yang menunjukkan kekuatan sebesar dan kelemahan sebesar. Sedangkan pada hasil EFAS menunjukkan peluang sebesar dan ancaman sebesar. Hasil pilihan strategis adalah strategi SO yang pada diagram SWOT terletak pada kuadran I yang berarti bahwa Chusnul Bakery memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada dan hal tersebut berada di jalur yang tepat dengan terus melakukan usaha strategi pengembangan yang dapat meningkatkan volume penjualan. Strategi yang harus digunakan pada kondisi tersebut yaitu mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy).

 

Kata kunci : Strategi Pemasaran; Analisis SWOT; Matriks EFAS; Matriks IFAS

Author Biography

Novita Nur Fitria Dewi, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur

Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur

References

Assasuri, Sofjan. (2011). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

David, Fred R. (2011). Manajemen Strategis : Konsep. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Amstrong, 2015, Strategi Pemasaran, Jakarta, Penerbit Erlangga.

Rangkuti,Freddy, 2015, Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis, cetakan ke-20. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Rangkuti, F. (2016). Analisis SWOT : Teknik pembedah kasus bisnis. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Rivai, Abdul & Prawironegoro, Darsono. (2015). Manajemen Strategis. Jakarta: Mitra Wacana Media

Sedamayanti. (2014) Manajemen Strategi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Setiadi, Nugroho J. 2013. Perilaku konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2021-05-20

How to Cite

Dewi, N. N. F., & Nirawati, L. (2021). Strategi Pemasaran Usaha Kue Chusnul Bakery Di Jalan Kedung Asem Surabaya. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(3), 201–208. https://doi.org/10.32493/drb.v4i3.10385

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.