Pengaruh Dana Pihak Ketiga Terhadap Laba Bersih Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk
Abstract
Dana Pihak Ketiga (DPK) merupakan sumber dana terpenting bagi kegiatan operasional suatu bank dan merupakan ukuran keberhasilan bank jika mampu membiayai operasinya dari sumber dana ini sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK) terhadap Laba Bersih PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk periode tahun 2010-2019. Penelitian ini dikategorikan ke dalam jenis penelitian asosiatif kausal dengan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh data perusahaan sepanjang periode tahun 1992 sampai dengan tahun 2019. Sampel pada penelitian ini Laporan Keuangan Tahunan diambil 10 tahun yaitu tahun 2010-2019 dengan teknik purposive sampling. Sumber data yaitu diperoleh dari data sekunder. Alat analisis data menggunakan regresi linear sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis (Uji-T). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa DPK (Dana Pihak Ketiga) berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin banyak simpanan nasabah yang dihimpun PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk maka dapat meningkatkan kegiatan usaha bank sehingga memperoleh laba bersih yang optimal. Hal ini dapat dilihat pada hasil uji t yang lebih besar dari nilai t-tabel (9,929>2,306) dengan tingkat signifikan yang lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh langsung antara Dana Pihak Ketiga terhadap laba bersih pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk.
Kata Kunci : Dana Pihak Ketiga (DPK); Laba Bersih
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, R., & Nugraha. 2018. Analisis Cost-Volume-Profit Kaitannya dengan Perencanaan Laba,. Jurnal Manajemen Keuangan. Ubhara Jaya .No. 54 - 66
Arfan Ikhsan, 2018. Analisa Laporan Keuangan, Jilid ke dua. Medan : Madenatera
Arfan Ikhsan Lubis., 2013., Akuntansi Keperilakuan. Edisi.2, Jakarta. Salemba Empat
Budi Rajarjo, 2010. Laporan Keuangan Perusahaan. Edisi kedua, Penerbit Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.
Erna Sudarmawanti, Joko Pramono. 2017. Pengaruh CAR, NPL, BOPO, NIM dan LDR Terhadap ROA Pada Bank Perkreditan Rakyat di Salatiga yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan 2011-2015. Vol. 10. No 19.
Fauziah Durotul Masruroh & Rokhmat Subagiyo. 2019. Pengaruh Dana Pihak Ketiga Dan Jumlah Pembiayaan Terhadap Laba Bank Syariah Mandiri. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman Volume 7 Nomor 1.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 Update PLS Regresi. Semarang: Universitas Diponegoro
Hans Kartikahudi, dkk. 2012. Akuntansi Keuangan berdasarkan SAK berbasis IFRS. Jakarta: Salemba Empat.
Harahap, 2011. Analisa Kritis atas Laporan Keuangan, Edisi ke-5, Jakarta: Rajawali Pers
Halim. Abdul. 2014, Akuntansi Sektor Publik Akuntansi Keuangan Daerah, Edisi Empat, Jakarta. Salemba Empat
Ismail. 2013. Akuntansi Bank Teori dan Aplikasinya dalam Rupiah, Jakarta : Prenadamedia Group.
Kasmir. 2015. Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya, Jakarta. Rajawali Pers.
Luh. Puspawati, Wayan Cipta , Ni Nyoman Yulianthini, 2016. Pengaruh Dana Pihak Ketiga Dan Jumlah Penyaluran Kredit Terhadap Laba. Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen Volume 4.
Mulyono, Teguh. P, 2016. Manajemen Perkreditan Bagi Perbankan Komersil, Yogyakarta. BPFE.
Otoritas Jasa Keuangan. 2017. Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan. Nomor 39/SEOJK.03/2017.
Peraturan Bank Indonesia Nomor 15/15/PBI/2013 Tentang Giro Wajib Minimum Bank Umum
Rivai, Veithzal dan Rifki Ismail. 2013. Islamic Risk Management For Islamic Bank. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung
Stice, Skousen dkk. 2011. Akuntansi Keuangan Menengah I (Terjemahan). Jakarta. Salemba Empat.
Wiwin Winarsih, Pembiayaan Dana Pihak Ketiga Pada Pertumbuhan Laba Bersih Bank BNI Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam. Vol. 1, No. 2
Wiagustini, Ni Luh Putu. 2018. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Pertama. Udayana Universitas Press.
Kasmir, 2014. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta. Raja Grafindo Persada. IBI, 2017. Mengelola Kualitas Layanan Perbankan. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama
https://www. bni.co.id
IBI, 2017. Mengelola Kualitas Layanan Perbankan. Jakarta.Gramedia Pustaka Utama.
DOI: http://dx.doi.org/10.32493/drb.v4i4.10949
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Disrupsi Bisnis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Disrupsi Bisnis
Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417
Telp/Fax: (021) 7412566
Handphone: +6281386165113
E-mail: disrupsi@unpam.ac.id
Pengunjung:

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.