PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FILMA MINYAK GORENG DI PT SMART TBK

Authors

  • Ahmad Maulana Irfanudin Univeristas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v1i1.1668

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian, baik secara parsial maupun secara simultan.

Populasi dalam penelitian ini adalah para klien GT (General Trade) potensial di Jabotabek yang melakukan pembelian produk Filma cooking oil secara berkala di PT SMART Tbk dengan jumlah sampel sebanyak 114. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi dengan taraf signifikan 5% menggunakan program SPSS for Windows Version 22.

Berdasarkan hasil penelitian ini yang pertama: uji parsial (t) menunjukan bahwa variabel harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai 4,337 >1,659 dan sig 0,000 < 0,05 dan promosi memiliki pengaruh positif dan siginifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai 2,876 > 1,659 dan sig 0,005 < 0,05 sementara harga dan promosi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai 0,000< 0,05 dan Fhitung 23,645 > Ftabel 2,690. Dari model regresi linear berganda maka harga memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap keputusan pembelian.

 

Kata Kunci: Harga, Filma cooking oil, Promosi, Keputusan Pembelian.

Downloads

Published

2018-08-08

How to Cite

Irfanudin, A. M. (2018). PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FILMA MINYAK GORENG DI PT SMART TBK. Jurnal Disrupsi Bisnis, 1(1). https://doi.org/10.32493/drb.v1i1.1668

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.