Analisis Penerapan Strategi Rantai Pasok Berbasis Sistem Accurate Pada Kasus PT Weldbro International Selama Covid-19

Authors

  • Fendy Cuandra Fakultas Bisnis dan Manajemen, Universitas International Batam
  • Immanuel Zai Fakultas Bisnis dan Manajemen, Universitas International Batam
  • Shevia Shevia Fakultas Bisnis dan Manajemen, Universitas International Batam
  • Giorgyna Giorgyna Fakultas Bisnis dan Manajemen, Universitas International Batam
  • Mutiara Kamilatunnaimah Fakultas Bisnis dan Manajemen, Universitas International Batam
  • Lian Andrianus Fakultas Bisnis dan Manajemen, Universitas International Batam
  • Dewi Ratnasari Fakultas Bisnis dan Manajemen, Universitas International Batam
  • Tri Julianto Fakultas Bisnis dan Manajemen, Universitas International Batam
  • Tommy Lie Fakultas Bisnis dan Manajemen, Universitas International Batam
  • Andre Steven Fakultas Bisnis dan Manajemen, Universitas International Batam

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v5i3.20180

Keywords:

Manajemen rantai pasok, Kepuasan pelanggan, Perencanaan sumber daya perusahaan, Covid-19

Abstract

Rantai pasok merupakan salah satu bagian terpenting dalam menentukan efektivitas sebuah perusahaan. Seluruh kegiatan dalam rantai pasok dilaksanakan oleh unit kesatuan bisnis yang harus beradaptasi untuk menjaga kestabilan aktivitas perusahaan di tengah kondisi pandemi. Maka dari itu, penulis melakukan penelitian ini untuk menganalisis penerapan strategi rantai pasok, khususnya pada kegiatan ekspor dan impor serta penerapan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) menggunakan sistem Accurate pada PT Weldbro selama pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data-data diperoleh berdasarkan hasil wawancara dan observasi lapangan ke PT Weldbro International. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Covid-19 memberikan pengaruh terhadap kegiatan rantai pasok yang ada pada PT Weldbro International. Oleh karena itu, strategi yang tepat dibutuhkan untuk menjaga kestabilan dan performa perusahaan. Penerapan ini juga didukung dengan menggunakan sistem ERP untuk membantu perusahaan dalam mewujudkan efisiensi dan efektivitas, menciptakan kolaborasi, keamanan data serta prediksi bisnis yang akurat untuk menciptakan bisnis berkelanjutan dengan proses supply chain management yang lebih baik.

References

Akhiyar, D. (2016). Perancangan Aplikasi Supply Chain Management pada Distribusi Ayam Potong PT NUJ/MTS dengan Menggunakan Metode Distributor Requirement Planning (DRP). 16(2).

Budiyanti, E. (2020). Dampak Virus Corona terhadap Sektor Perdagangan dan Pariwisata Indonesia. XII.

Cahyani, R. R. (2014). Pendekan Supply Chain Management untuk Meningkatkan Daya Saing pada Bisnis Bunga Segar. III(1), 82–93.

Hayati, E. N. (2014). Supply Chain Management (SCM) dan Logistic Management. 8(1).

Irfani, M. H. (2015). ERP ( Enterprise Resource Planning ) dan Aspek-aspek Penting dalam Penerapannya. 4(2), 105–114.

Nawawi, M., & Yunia, D. (2021). Model Proses Bisnis ERP , Pengendalian Manajemen dan Keunggulan Kompetitif ERP Business Process Model , Management Control and Competitive Advantage. 7(1), 11–22. https://doi.org/10.31289/jab.v7i1.4282

Putri, D. P. T., Damayanti, E. W. A., & Sianturi, I. (2021). Pengaruh COVID-19 Terhadap Kegiatan Ekspor Impor di Indonesia. 2(2), 169–174.

Rahmani, H. F. (2018). Pengaruh Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) Terhadap Kinerja Perusahaan. 17(3), 47–64.

Sardi, P. N. (n.d.). Identifikasi Penyebab Bullwhip Effect Produk PT Alfian Jaya pada Jaringan Distribusi.

Wicaksono, A., Mulyo, H. H., & Riantono, I. E. (n.d.). ANALISIS DAMPAK PENERAPAN SISTEM ERP TERHADAP KINERJA PENGGUNA. 9, 25–34.

Yulius, H., Meri, M., & Mardian, I. (n.d.). Analisa Bullwhip Effect pada Supply Chain Permintaan Telur Ayam di PT Agung Abadi Putra Mandiri. 199–204.

Yusuf, A. M., & Soediantono, D. (2022). Supply Chain Management and Recommendations for Implementation in the Defense Industry : A Literature Review. 3(3), 63–77.

Downloads

Published

2022-05-25

How to Cite

Cuandra, F., Zai, I., Shevia, S., Giorgyna, G., Kamilatunnaimah, M., Andrianus, L., … Steven, A. (2022). Analisis Penerapan Strategi Rantai Pasok Berbasis Sistem Accurate Pada Kasus PT Weldbro International Selama Covid-19. Jurnal Disrupsi Bisnis, 5(3), 213–222. https://doi.org/10.32493/drb.v5i3.20180

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.