Efektivitas Komunikasi Bisnis Melalui Partnership Service Pada Jasa Pengiriman LEL Express Di Desa Pamekaran

Gina Sonia, Desy Riyanti, Desy Riyanti, Ricky Firmansyah, Ricky Firmansyah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas komunikasi bisnis melalui partnership service pada jasa pengiriman Lel Express dan seberapa efektif komunikasi tersebut terjalin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Jenis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif mampu menjelaskan dan menganalisis fenomena, peristiwa, dinamika sosial, sikap kepercayaan, dan persepsi seseorang atau kelompok terhadap sesuatu. Adapun langkah-langkah dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket, studi kepustakaan dan triangulasi. Berdasarkan penelitian yang telah kami lakukan, Lel Express memiliki fasilitas komunikasi bisnis khusus berupa perangkat lunak yang dapat memberikan informasi dan memonitor seluruh kegiatan pengiriman barang agar sesuai dengan tujuan dan harapan yang diinginkan. Perangkat tersebut bernama Lazada Logistik. Perangkat lunak ini digunakan oleh kurir untuk mengetahui kapan paket bisa dipickup dan kemudian dikirim ke tempat tujuan serta memberikan konfirmasi apabila paket tersebut berhasil diterima oleh pelanggan. Seluruh aktivitas pengiriman terorganisasi dan transparan. Pelanggan dapat melacak lokasi atau keberadaan barang/paketnya. Komunikasi semacam ini dapat dikategorikan efektif karena faktor, unsur dari komunikasi tersebut telah terpenuhi. Dengan komunikasi yang efektif dapat mengatasi berbagai permasalahan/hambatan yang dihadapai dalam komunikasi.


Keywords


Efektivitas; komunikasi bisnis; jasa pengiriman; Lel Express

Full Text:

PDF

References


Aldiansyah, M. T. (2021). Analisis Sistem Informasi Manajemen Pada Portal Student Di STIE STEMBI Bandung. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi.

Daniswara, A. A. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Untuk Meningkatkan Omset Jasa Pengiriman Barang Kantor Pos Di Sunset Road Kuta Bali. Jurnal Kajian Ilmu Komunikasi, 14(1).

Ferinia,, R. (2020). Komunikasi Bisnis. Yayasan Kita Menulis.

Gusti, V. P. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa J&T Express . Doctoral Dissertation, IAIN Purwokerto.

Herlambang, I. R. ((2021).). Implementasi Aplikasi Kargo Darat Ritel Menggunakan Metode Incremental Pt. Pos Logistik Indonesia. Jurnal Teknik Informatika.

Khalid. (2021, Februari 1). Review LEL Express. Dipetik Maret 16, 2022, Dari Kuriran.Id: Https://Www.Kuriran.Id/Review-Lel-Express/

Mulachela, H. (2022, Januari 12). Komunikasi Adalah: Definisi, Unsur, Dan Tujuannya. Diambil Kembali Dari Https://Katadata.Co.Id/Safrezi/Berita/61de8d9d4a987/Komunikasi-Adalah-Definisi-Unsur-Dan-Tujuannya

Noer, M. (2019, Juni 24). Peran Penting Komunikasi Bisnis. Diambil Kembali Dari PRESENTA: Https://Presenta.Co.Id/Artikel/Peran-Komunikasi-Bisnis/

Sari, A. A. (2017). Komunikasi Antarpribadi. Deepublish.

Subiakto, H. (2015). Komunikasi Politik, Media, Dan Demokrasi. Prenada Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/drb.v5i3.20458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Disrupsi BisnisĀ 

Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417

Telp/Fax: (021) 7412566
Handphone: +6281386165113
E-mail: disrupsi@unpam.ac.id





Pengunjung:

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.