ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMITMEN TERHADAP KINERJA (STUDI KASUS PADA DITJEN PENGEMBANGAN KAWASAN TRANSMIGRASI, KEMENTERIAN DESA PENGEMBANGAN DAERAH TERTINGGAL DAN TRANSMIGRASI)

Suprapto Suprapto

Abstract


ABSTRAK

       Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh antara kepemimpinan dan komitmen dengan kinerja organisasi, Metode penelitian dengan metode survei, responden adalah pejabat eselon IV sebanyak 50 orang secara populasi dari teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan 3 variabel yaitu kepemimpinan dan komitmen (independen) serta kinerja (dependen).

       Instrumen yang digunakan berbentuk checklist dengan skala likert, teknik analisis data menggunakan statistik korelasi product moment dan korelasi ganda dengan pengujian signifikan hubungan. Berdasarkan analisis dan pembahasan penelitian menemukan bahwa : variabel kepemimpinan (X1) = r hitung 0,489 > r tabel 0,444 artinya kualitas kepemimpinan dengan kemampuan kinerja berhubungan secara signifikan . Variabel komitmen (X2) = r hitung 0,631 > r tabel 0,444 artinya komitmen pimpinan dengan pegawai dipatuhi dan dijalankan dalam realisasi pekerjaan, maka akan dapat meningkatkan kinerja. Variabel kepemimpinan dan komitmen = r hitung > r tabel 2,81. Hubungan ini sangat akurat artinya hubungan secara individual pimpinan dengan komitmen sangat signifikan.

 

Kata Kunci : Kepemimpinan, komitmen, Kinerja.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32493/drb.v1i2.2111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Disrupsi Bisnis : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang 

Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417

Telp/Fax: (021) 7412566
Handphone: +6285775842132
E-mail: jurnaldisrupsibisnis@gmail.com





Pengunjung:

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.