PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN PT. NATIONAL NOBU BANK CABANG KEMANG VILLAGE

Siti Aesah

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh gaya kepemimpinan (X1) terhadap loyalitas karyawan (Y) pada PT National Nobu Bank Cabang Kemang Village, untuk mengetahui sejauh mana pengaruh motivasi (X2) terhadap loyalitas karyawan (Y) pada PT National Nobu Bank Cabang Kemang Village dan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh gaya kepemimpinan (X1) dan motivasii (X2) terhadap loyalitas karyawan (Y) pada pada PT National Nobu Bank Cabang Kemang Village secara simultan.

Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan teknik observasi dan kuesioner dalam pengumpulan data. Pendekatan analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode Analisis data menggunakan  uji kualitas data dan uji asumsi klasik. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh sebanyak 55 karyawan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya kepemimpinan dan motivasi secara simultan mempunyai pengaruh yang positif dan  signifikan terhadap loyalitas  karyawan PT Nobu Bank Cabang Kemang Village, hal ini ditunjukkan dari hasil uji penelitian yang dilakukan menunjukkan nilai R square diperoleh sebesar 0,895 atau 89,5%. Hal ini menjelaskan bahwa variabel gaya kepemimpinan dan motivasi secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas karyawan PT National Nobu Bank Cabang Kemang Village dan sisanya 10,5% dipengaruhi oleh  faktor-faktor lain diluar dari penelitian ini. Sesuai dengan rumusan masalah maka besarnya pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi secara simultan yaitu 89,5%. Model regresi berganda yang diperoleh : Y= 0,517 + 0,376 X1 + 0,488 X2 , dari data-data tersebut didapat bahwa faktor motivasi mempunyai kontribusi yang paling besar pengaruhnya  terhadap loyalitas karyawan PT National Nobu Bank Cabang Kemang Village.

 

Kata kunci : Gaya kepemimpinan, Motivasi, Loyalitas


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32493/drb.v1i2.2112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Disrupsi Bisnis : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang 

Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417

Telp/Fax: (021) 7412566
Handphone: +6285775842132
E-mail: jurnaldisrupsibisnis@gmail.com





Pengunjung:

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.