ANALISIS PENGARUH RETURN ON ASSET, PERTUMBUHAN LABA DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP RETURN SAHAM DAN DAMPAKNYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Sri Mardiana

Abstract


ABSTRAK

       Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Return on Asset, Pertumbuhan Laba, dan Debt to Equity Ratio terhadap Return Saham dan dampaknya terhadap Nilai Perusahaan pada Industri Properti dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini merupakan studi kasus pada Industri Properti dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).  Variabel bebas dari penelitian ini adalah Return on Asset, Pertumbuhan Laba, dan Debt to Equity Ratio, sedangkan variabel terikatnya adalah Return Saham dan Nilai Perusahaan. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan analisis data kualitatif.

       Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan populasi dan sampel. Perhitungan data dilakukan dengan analisis hubungan secara regresi berganda. Variabel Return on Asset (X1) berpengaruh positif terhadap Return Saham (Y) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0.1069. Variabel Pertumbuhan Laba (X2) berpengaruh negatif terhadap Return Saham (Y) dengan nilai koefisien regresi sebesar -5.3854. Variabel Debt to equity Ratio (X3) berpengaruh positif terhadap Return Saham (Y) dengan nilai koefisien regresi sebesar -4.0328. Return on Asset, Pertumbuhan Laba, dan Debt to Equity Ratio secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return Saham dengan signifikansi F sebesar 0.0014. Variabel Return Saham (Y) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan (Z) dengan nilai signifikansi 0.5891 (lebih besar dari 0.05).

 

Kata Kunci : ROA (Return on Asset), Pertumbuhan Laba, DER ( Debt to Equity Ratio), Return Saham dan Nilai Perusahaan.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32493/drb.v1i2.2113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Disrupsi Bisnis : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang 

Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417

Telp/Fax: (021) 7412566
Handphone: +6285775842132
E-mail: jurnaldisrupsibisnis@gmail.com





Pengunjung:

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.