Pengaruh TQM dan OCB terhadap Kinerja Perawat Selama Masa Pandemi Covid-19 di RSUD Matraman Jakarta

Rita Intan Permatasari, Fandi Dwiputro Rahardjo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh penerapan Total Quality Management (TQM) dan Organizaation Citizen Behaviour (OCB) terhadap kinerja perawat di RSUD Matraman Jakarta dengan metode  penelitian kuantitif asosiatif. Pengambilan sampel sebanyak 36 perawat di RSUD Matraman Jakarta. Hasil penelitian pada uji t menunjukan secara parsial Total Quality Management (TQM) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kinerja Perawat di RSUD Matraman Jakarta dan secara parsial Organization Citizen Behavior (OCB) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kinerja Perawat di RSUD Matraman Jakarta. Hasil uji F menunjukkan bahwa Total Quality Management (TQM) dan Organization Citizen Behavior (OCB) secara simultan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kinerja Perawat di RSUD Matraman Jakarta. Hasil pengujian koefisien determinasi menunjukkan R2 sebesar 0,442 yang berarti besarnya kontribusi variabel Total Quality Management (TQM) dan Organizaation Citizen Behaviour (OCB) secara bersama-sama terhadap kinerja perawat di RSUD Matraman Jakarta hanya sebesar 44,2% sedangkan sisanya sebesar 55,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.


Keywords


TQM; OCB; Kinerja Perawat

Full Text:

PDF

References


Baranik, L. E., & Eby, L. (2016). Organizational citizenship behaviors and employee depressed mood, burnout, and satisfaction with health and life: The mediating role of positive affect. Personnel Review, 45(4). https://doi.org/10.1108/PR-03-2014-0066

Dr.Widodo. (2017). Metodologi Penelitian : Populer & Praktis / Dr. Widodo. In Jakarta : Rajawali Pers, 2017 ©2017 (Vol. 24, Issue 9).

Ghozali, Imam. (2016). Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP. Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.

Herminingsih, A. (2012). Spiritualitas Dan Kepuasan Kerja Sebagai Faktor Organizational Citizenship Behavior (OCB). Ilmu Ekonomi Dan Sosial, 1(2).

Hossain, M. Z., Tasnim, M., & Hasan, M. R. (2017). “Is Quality Ensuring to Get Competitive Advantages in Auto Manufacturing Industries?” —A Study of Volvo Group. American Journal of Industrial and Business Management, 07(01). https://doi.org/10.4236/ajibm.2017.71005

Johannes, & Silitonga, P. (2013). Pengaruh kepuasan kerja dan budaya organisasi terhadap perilaku citizenship karyawan PT. Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry Kabupaten Tanjung Jabung Barat Jambi. Jurnal Dinamika Manajemen, 1(3).

Kadir, Abdul, M., & Machasin, D. (2014). Jurnal Ekonomi Volume 22, Nomor 2 Juni 2014. Ekonomi, 22.

Lumi, F., Terok, M., & Budiman, F. (2018). Hubungan Derajat Penyakit Hipertensi Dengan Tingkat Kecemasan Pada Kelompok Lanjut Usia Di Wilayah Kerja Puskesmas Kahakitang Kecamatan Tatoareng. Media Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar, 13(2). https://doi.org/10.32382/medkes.v13i2.664

Nasution, M. N. (2010). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Manajement). In Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Manajement). Jakarta: Ghalia.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2017). Organizational Behavior, Seventeenth Edition, Global Edition. In Pearson Education Limited.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan manual dan SPSS. Sofyan Siregar, 2002.

Sugiyanti, S., & Alriani, I. M. (2013). Pengaruh Total quality management dan Motivasi Kerja Terhadap kinerja Perawat (Studi Kasus Pada Ruang Rawat Inap RSUD Tugurejo Semarang). Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, No. 35(0853–8778).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. In Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.

Suriana. (2014). Analisis Kinerja Perawat (Studi Ruang Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung Uban Provinsi Kepulauan Riau ). Universitas Maritim, 1–21.

Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja – Wibowo. Buku, edisi 5.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/drb.v6i1.26109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rita Intan Permatasari, Fand Dwiputro Rahardjo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Disrupsi Bisnis 

Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417

Telp/Fax: (021) 7412566
Handphone: +6281386165113
E-mail: disrupsi@unpam.ac.id





Pengunjung:

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.