ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Pada Bengkel Yamaha Tangsel)

Roby Irzal Maulana

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial: 1). kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan, 2). kepuasan kerja terhadap loyalitas pelanggan, 3).kinerja karyawan terhadap loyalitas pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian survei. Penelitian ini mengambil lokasi di bengkel Yamaha area Tangerang Selatan yang berjumlah 7 bengkel, penelitian ini menggunakan 90 karyawan teknisi/mekanik dan pelayanan serta 30 pelanggan servis sebagai responden penelitiannya. Pembuktian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1).Kepuasan kerja memiliki pengaruh signifikan yang positif terhadap kinerja karyawan, 2). Kepuasan kerja tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, 3).Kinerja karyawan memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan.

 

Kata kunci: Kepuasan kerja, kinerja karyawan, loyalitas pelanggan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32493/drb.v2i2.3057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Disrupsi Bisnis : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang 

Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417

Telp/Fax: (021) 7412566
Handphone: +6285775842132
E-mail: jurnaldisrupsibisnis@gmail.com





Pengunjung:

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.