FAKTOR-FAKTOR YANG MEMOTIVASI PARA WAKIF UNTUK BERWAKAF UANG DI TABUNG WAKAF INDONESIA (TWI)

Eko Cahyadi

Abstract


Sebagai Negara muslim terbesar dengan jumlah penduduk lebih dari 80% adalah mayoritas islam, Indonesia merupakan potensi wakaf yang patut disyukuri. Namun demikian bila kita lihat realitas dana wakaf yang sudah dikumpulkan masih jauh dari potensi yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memotivasi para wakif untuk berwakaf uang di Tabung Wakaf Indonesia. Objek penelitian ini adalah sebuah badan pengumpul dana wakaf yaitu Tabung Wakaf Indonesia dengan menggunakan data cross sectional. Teknik analisis menggunakan Faktor Analisis terdiri dari variabel self actualizational, emotional buying motives, brand preferences, price preference, quality preference, compliance, recommaedation, channel of distribution & promotion. Populasi dalam penelitian ini adalah para wakif di Tabung Wakaf Indonesia (TWI) dengan jumlah sampel sebanyak 98 buah. Teknik pengumpulan data kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas dengan uji barlet, uji KMO dan uji MSA, uji realibilitas dengan cronbach’s alpha,  analisis data menggunakan analisis inferensial dengan metode logit, dan koefisien determinasi dengan taraf signifikan  5% menggunakan program SPSS for Windows. Berdasarkan hasil penelitian ini yang pertama: uji validitas dengan menggunakan uji barlet dan KMO menunjukan bahwa metode sampling yang digunakan memenuhi syarat atau tidak, dimana nilai yang didapat sebesar 67,5% yang berarti memenuhi syarat. Uji reliabilitas dengan menggunakan cronchbach alpha didapat nilai sebesar 80,3 % dimana penelitian ini memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi dan instrument-instrumen pembentuk variabel adalah reliable. Adapun hasil pengolahan Measure Sampling Adequacy (MSA) adalah semua variable diatas 0,50.  Berdasarkan Bedasarkan Analisis Faktor didapat 3 faktor yang terbentuk yaitu factor 1 dengan nilai eigenvalue sebesar 2,237, varians sebesar 24,853% (emotional buying motives, recommendation, channel of distribution, promotion). Factor ke-2 dengan nilai eigenvalue sebesar 2,017, varians sebesr 22,411% (Self actualization, quality preference, price preference). Faktor ke-3 dengan nilai eigenvalue sebesar 1,188, varians sebesar 13,196% (Brand preference, Compliance).   Kedepannya TWI perlu membangun strategi promosi dan referral program untuk para wakif agar jaringannya mau melakukan wakaf uang di TWI

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32493/drb.v2i1.3640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Disrupsi Bisnis : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang 

Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417

Telp/Fax: (021) 7412566
Handphone: +6285775842132
E-mail: jurnaldisrupsibisnis@gmail.com





Pengunjung:

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.