MASKULINITAS DALAM IKLAN ROKOK: MITOS KAUM ADAM DALAM IKLAN GUDANG GARAM SIGNATURE “ANCAMAN BARU”

Moh Atikurrahman, Syarifah Wardah el Firdausy, Intan Ayu Linda

Abstract


Tulisan ini bertendensi untuk membedah tabir setiap lapis semiotika iklan rokok. Iklan (rokok) diandaikan sebagai representasi dari relasi antara penanda dan petanda, bahkan yang dianggap tidak memiliki basis relasional sekalipun, bersejajar dengan ideologi yang dibawa dalam dirinya untuk kemudian membentuk sebuah tanda. Objek penelitian ini iklan rokok Gudang Garam Signature versi ”Ancaman Baru” (2019). Pendekatan semiologis Roland Barthes dijadikan sebagai alat bantu dengan maksud untuk menemukan makna denofatif, konotatif dan mitos di balik iklan. Metode kualitatif deskriptif dimanfaatkan sehingga menghasilkan deskripsi yang komprehensif. Kesimpulan awal penelitian adalah: rokok dan aktivitas merokok erat kaitannya dengan cara lelaki untuk merepresentasikan diri sebagai subjek yang rasional, pekerja keras, dan pasionet.

Kata kunci: Semiotika Visual, Iklan, Roland Barthes, Mitos Lelaki.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUFONI : Journal of Language, Literary and Cultural Studies

English Department - Pamulang University

Jalan Surya Kencana No. 1 Pamulang, Tangerang Selatan, Banten

» Tel / fax : 021-7412566 / (021) 7412566

email: eufoni@unpam.ac.id