Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII 2 Selama Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 17 Kota Bekasi

Patricia Vivin Mulyantari, Rita Aryani

Abstract


ABSTRACT

The purpose of this research was to find out the influence of learning discipline on the learning achievements of IPS subject grade VII 2 during the Covid-19 pandemic at SMP Negeri 17 Bekasi. This research uses quantitative associational methods. The population in this study.is all students of grade, VII 2 SMP Negeri 17 Bekasi city. The sampling technique used in this study is total sampling. Data collection techniques in this study using questionnaires, observations, and documentation. Data analysis techniques using simple linear regression analysis. The results of this study showed that the correlation coefficient significance test (r x y) = 0.195 and Fhit (Fchange) = 10.636, with p-value = 0.002 < 0.05. It's H0 rejected. Thus, the correlation coefficients variable X and variable Y are meaningful or significant. From the results of the analysis obtained discipline of learning learners affect the achievement of learning in IPS subjects, this can be seen from thit and p-value is smaller than 0.05%. Therefore, it can be interpreted that the discipline of learning positively affects the learning achievement of Social Sciences (IPS) subjects, namely R Square = 0.195 or 19.5%.

Keywords: Learning Discipline; Learning Achievement; IPS; Covid-19 pandemic

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS kelas VII 2 selama pandemic Covid-19 di SMP Negeri 17 Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiasi korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII 2 SMP Negeri 17 Kota Bekasi yang berjumlah 46 siswa. Teknik sampling  pada penelitian ini menggunakan total sampling. Teknik pengambilan data penelitian ini dengan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Uji signifikansi koefisien korelasi (rxy) = 0,195 pada Fhit ( Fchange) = 10,636, dan p-value = 0,002 < 0,05. Sehingga H0 tidak diterima. Dengan demikian, koefisien korelasi X dan Y ialah berarti atau positif. Dari hasil analisis didapat kedisiplinan belajar peserta didik berpengaruh terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS, hal ini dapat dilihat dari thit dan p-value lebih rendah dari taraf signifikansi 0,05%. Sehingga, dapat diinterprestasikan kedisiplinan belajar terdapat pengaruh yang tinggi pada prestasi belajar pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yaitu R Square = 0,195 atau sebesar 19,5%.

Kata Kunci : Kedisiplinan Belajar;Prestasi Belajar; IPS; Pandemic Covid-19

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aritonang, K. T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11–21.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 46.

Farida, A. (2014). Pilar-Pilar Pembangunan Karakter Remaja. Bandung: Nuansa Cendekia.

Gunarsa, S. D. (2012). Psikologi praktis: anak, remaja dan keluarga. BPK Gunung Mulia.

Kristin, F., & Kencana Sari, F. (2019). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Konsep Dasar IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 31. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.17810

Marzuki, I., Bachtiar, E., Zuhriyatun, F., Purba, A. M. V, Kurniasih, H., Purba, D. H., Chamidah, D., Jamaludin, J., Purba, B., Puspita, R., & others. (2021). COVID-19: Seribu Satu Wajah. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=HuAZEAAAQBAJ

Mulyasa, E. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. 2007. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ningsih, B. M., & Widiharto, C. A. (2014). Peningkatan Disiplin Siswa dengan Layanan Informasi Media Film. EMPATI-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1).

Olivia, F. (2011). Tools For Study Skills Teknik Ujian Efektif. Elex Media Komputindo.

Pratiwi, G. F. (2020). Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi Belajar Siswa Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Getasan Tahun Pelajaran 2019/2020. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/9406/

Purwaningsih, D. (2020). PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 10(1), 347–352.

Sugiyono, P. (2017). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta, 28.

Sulistyorini, S. (2012). Belajar dan Pembelajaran: Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Teras.

Suprijono, A. (2010). Cooperative learning teori & aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari, Lilly Dwi dan Hapsari, S. (2017). PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI PADA SISWA SMA NEGERI 4 DEPOK. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 5(November), 148–151.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/eduka.v6i2.11152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis



This journal has been indexed in Google ScholarCrossrefonesearch, Garudaroad, Dimensions. and worldcat

     


Editorial Office :
 
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis

Faculty of training and education, Pamulang university
Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang, Tangerang Selatan, Banten
Tel/fax : (021) 741 2566
Phone : 0813 67371529
e-mail : jurnaleduka@gmail.com and dosen01674@unpam.ac.id

Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis publish articles selected under the License Creative Commons Attribution 4.0 International License.