HAMBATAN-HAMBATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PAMULANG DI SMP NEGERI 1 RUMPIN TAHUN AKADEMIK 2018/2019

BADRUS SHOLEH, KHARISMA DANANG YUANGGA, ARIF FIRMANSYAH

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  deskripsi tentang  1) Persiapan calon mahasiswa praktikan PPL, 2) Hambatan-hambatan yang ditemui mahasiswa praktikan PPL di SMPN 1 Rumpin dan 3) Manfaat yang diperoleh selama dan setelah mengikuti PPL di SMPN 1 Rumpin. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Rumpin. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber yang digunakan narasumber dan dokumen menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Persiapan calon mahasiswa praktikan PPL, , harus memenuhi persyaratan akademik maupun persyaratan administratif. Persyaratan akademik berupa mata kuliah prasyarat PPL harus lulus mata kuliah Perencanaan Pengajaran, Kemampuan Dasar Mengajar, Strategi Pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Pengembangan Kurikulum, dan Strategi Pembelajaran Pendidikan Ekonomi serta Praktik Kemampuan Mengajar,  persyaratan administratif yakni registrasi mata kuliah PPL (Pemantapan Kemampuan Profesional), 2) Hambatan-hambatan yang ditemui mahasiswa praktikan PPL berupa adapatasi dengan lingkungan baru mahasiswa masih kurang percaya diri atau canggung, terkendala waktu, metode mengajar yang digunakan sebagian kurang mampu memotivasi dan kurang berpatisipasi  memecahkan masalah dan media pembelajaran yang digunakan. 3) Manfaat yang diperoleh selama dan setelah mengikuti PPL yakni ; a) Mendapatkan pengalaman baru, b) Memahami berbagai karakter siswa, masalah dihadapi dan pemecahannya, c) menumbuhkan sikap disiplin dan tanggung jawab, serta d) Memahami tata administrasi disekolah.

Kata Kunci: Hambatan, Praktik Pengalaman Lapangan


Full Text:

PDF

References


Astuti, dkk. 2013. Studi Evaluasi Efektivitas Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) IKIP PGRI Bali Tahun 2012.(online) E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan.Vol. 4 Tahun 2013.

Sholeh, Badrus dkk. 2018. Pedoman Praktik Pengalaman Lapangan. Tangerang Selatan : Program Studi Pendidikan EKonomi Universitas Pamulang.

Mardiyanto, Sugeng. 2006. Praktik Pengalaman Terpadu dalam Meningkatkan Kualitas Calon Guru. (Online) Jurnal Cakrawala Pendidikan, Februari 2006 Th XXV No. 1.

Undang-undang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005

Yahya, Muhammad. 2018. Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia. Disampaikan Pada Sidang Terbuka Luar Biasa Senat Universitas Negeri Makassar tanggal 14 Maret 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/eduka.v3i2.3817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis



This journal has been indexed in Google ScholarCrossrefonesearch, Garudaroad, Dimensions. and worldcat

     


Editorial Office :
 
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis

Faculty of training and education, Pamulang university
Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang, Tangerang Selatan, Banten
Tel/fax : (021) 741 2566
Phone : 0813 67371529
e-mail : jurnaleduka@gmail.com and dosen01674@unpam.ac.id

Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis publish articles selected under the License Creative Commons Attribution 4.0 International License.