ANALISIS PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI

LODYA SESRIYANI, NUR NAJIBAH SUKMAWATI

Abstract


Pada revolusi industry 4.0, pendidikan tidak dapat lagi dipisahkan dari teknologi. Teknologi mempengaruhi semua aspek yang ada pada pendidikan termasuk peserta didik. Teknologi mempengaruhi bagaimana mereka melihat, mendengar, berbicara dan berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan instagram pada matakuliah Bahasa Inggris Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 yang sedang mengambil matakuliah Bahasa Inggris. Total responden adalah 19 orang mahasiswa. Penelitian ini menggunakan interview yang bersifat terbuka, sehingga responden dapat menjawab pertanyaan wawancara dengan jelas dan lengkap sesuai dengan porsinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mendapatkan manfaat yang sangat besar ketika belajar speaking menggunakan akun instagram mereka. Sebagian besar dari mereka menyatakan bahawa; (1) mahasiswa merasa percaya diri dalam berbicara Bahasa Inggris, (2) Mahasiswa lebih focus pada penggunaan grammar yang benar ketika berbicara, (3) Mahasiswa lebih mudah untuk mengoreksi postingan temannya, (4) negative komen yang diberikan oleh temannya memotivasi mahasiswa untuk berbicara lebih jelas dan lancar.

Kata Kunci : Bahasa Inggris, Instagram, Speaking.


Full Text:

PDF

References


Aydin, S. 2014. Foreign language learners’ interactions with their teachers on Facebook. System, 42(1), 155–163. https://doi. org/10.1016/j.system.2013.12.001

B. Belardi. 2013. Texting While Studying: New Study from McGraw-Hill Education Reveals That Technology Can Be Students’ Best Friend and Worst Enemy. McGraw-Hill Education. Retrieved from: https://www.mheducation.com/about/news-room/texting-whilestudying-new-study-mcgraw-hill-education-reveals-technologycan-be

Bexheti, Lejla A, Burim E. Ismaili, and Betim H. Cico. 2014. “An Analysis of Social Media Usage in Teaching and Learning: The Case of SEEU.” Proceedings of the International Conference on Circuits, Systems, Signal Processing, Communications and Computer: 90-94.

Chun, D., Smith, B., & Kern, R. 2016. Technology in language use, language teaching, and language learning. Modern Language Journal, 100, 64–80. https://doi.org/10.1111/modl.12302

Costill, A. 2014. 30 Things you absolutely need to know about Instagram. Retrieved from http://www.searchenginejournal.com/30-things-absolutely-needknow- instagram/85991/

Indonesian Digital Report. 2019. Retrieved from https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2019/

Manca, S., & Ranieri, M. 2013. Is it a tool suitable for learning? A critical review of the literature on Facebook as a technology-enhanced learning environment. Journal of Computer Assisted Learning, 29(6), 487–504. https://doi.org/10.1111/jcal.12007

Zhang, Lili. 2013. “Mobile phone teachnology engageent in EFL classroom.” International Conference on Software and Computer Science (ICSECS): 171-173.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/eduka.v4i1.3822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis



This journal has been indexed in Google ScholarCrossrefonesearch, Garudaroad, Dimensions. and worldcat

     


Editorial Office :
 
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis

Faculty of training and education, Pamulang university
Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang, Tangerang Selatan, Banten
Tel/fax : (021) 741 2566
Phone : 0813 67371529
e-mail : jurnaleduka@gmail.com and dosen01674@unpam.ac.id

Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis publish articles selected under the License Creative Commons Attribution 4.0 International License.