PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NHT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA KELAS 05PIEP003 PADA MATA KULIAH EKONOMI MONETER PENDIDIKAN EKONOMI, UNIVERSITAS PAMULANG

Authors

  • ENOK NURHASANAH1 Pamulang University
  • FANNI ERDA TASIA Pamulang University

DOI:

https://doi.org/10.32493/eduka.v4i1.3823

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan model pembelajaran kooperatif teknik NHT pada kelas 05PIEP003 Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Mix Method. Metodologi penelitian  yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain yang digunakan dalam PTK ini adalah Kurt Lewin design yang memiliki tiga siklus. Penelitian ini dilakukan pada kelas 05PIEP003 oleh dosen mata kuliah ekonomi moneter Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar observasi berpikir kritis mahasiswa dan soal tes tertulis untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah ekonomi moneter.  Teknik yang digunakan dalam menganalisis data adalah statistik deskriptif. Penelitian ini menunjukkan pada siklus I kemampuan berpikir kritis mahasiswa memperoleh nilai sebesar 50% dan hasil belajar sebesar 55%, kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada siklus II meningkat menjadi sebesar 65% dan hasil belajar juga meningkat menjadi 75%, selanjutnya kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada siklus III meningkat lagi dengan memperoleh nilai sebesar 85% dan hasil belajar mahasiswa juga meningkat menjadi sebesar 90%.  Simpulan peneliti menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan belajar mahasiswa kelas 05PIEP003 setelah penerapan model pembelajaran teknik NHT pada mata kuliah ekonomi moneter Pendidikan Ekonomi, Universitas Pamulang.

Kata Kunci : NHT, Berpikir Kritis, Ekonomi Moneter

References

Agustin, S., Ariyanto, S. & Sukmaantara, I Putu. (2013). The Effect of Using NHT Technique on The Eight Grade Student’s Reading Comprehension Achievement At SMPN 2 Tanggul Jember. Pancaran. 2 (3), 201-210.

Andriyani, D. dkk. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Dilengkapi Catatan Terbimbing untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Pada Materi Hasil Kali Kelarutan Kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Kimia. 4 (2), 2337-9995.

Fatimah. dkk. (2012). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap keterampilan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 2 Punggur. FKIP Unila. Bandar Lampung.

Jordan, Michael. And Herrel, Adrienne. (2004). Fifty Strategies for Teaching English Language Learners. New Jersey : Pearson Education, Inc.

Pratiwi, AB. & Slamet, HW. (2016). Pengaruh Strategi NHT & The Power of Two Terhadap Hasil Belajar Matematika di Tinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Prosiding KNPMPI.UniversitasMuhammadiyah Surakarta. 2502-6526.

Slavin, R. E. (2009). Cooperative learning: Teori, riset dan praktik. Terj. Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media.

Woro, K. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Ekonomi Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Jurnal Mandiri, 1(1), 84-97.

Additional Files

Published

01-02-2019

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.