PENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

KUSWORO KUSWORO

Abstract


Tujuan diadakan penelitian yaitu dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran mata kuliah psikologi pendidikan dengan model problem based learning mahasiswa prodi pendidikan ekonomi, unpam. Penelitian ini menggunakan mix method melalui metodologi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini yaitu dosen dan mahasiswa 05PIEM003 Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang. Instrumen yang dibunakan berupa lembar pengamatan kegiatan belajar mahasiswa, lembar pengamatan Keterampilan Dasar mengajar (KDM), dan soal tes. Analisis data yang digunakan penelitian ini berupa statistik deskriptif. Data hasil yang diperoleh setelah dilaksanakan penelitian yaitu skor keterampilan dasar mengajar pada tahap (sklus) yang pertama yaitu 22 (baik), untuk tahapan yang kedua mendapatkan 25 (sangat baik), dan tahapan yang ketiga mendapatkan skor 28 (sangat baik). Selanjutnya untuk kegiatan mahasiswa dalam pembelajaran melalui tahap (sklus) yang pertama mendapatkan  18,0 (cukup), untuk tahapan yang kedua mendapatkan skor 22 (baik), dan tahapan yang terakhir mendapatkan skor 27 (sangat baik). Untuk melihat ketuntasan belajar mahasiswa dapat dilihat pada tahap (siklus) yang pertama adalah mendapatkan 48% (tuntas), pada tahapan yang kedua mendapatkan ketuntasan 71% (tuntas), dan pada tahap yang ketiga mendapatkan 86% (tuntas). Ini menjelaskan bahwa pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) pada mata kuliah psikologi pendidikan dapat meningkatkan ketuntasan belajar mahasiswa. Hal ini dapat diartikan bahwa dilaksanakannya model pembelajaran PBL dapat memberikan keaktifan ke mahasiswa, keterampilan mengajar dosen, dan hasil belajar mahasiswa. Maka dari itu pembelajaran dengan model PBL dapat meningkatkan kulitas kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang.
Kata Kunci: Berbasis Masalah, Kualitas Pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Undang – Undang Nomor 20 Tahun 20003, Pasal 3 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Barret, Terry (2005). Understanding Problem Based Learning. University of Texas : Austin.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/eduka.v5i1.4953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis



Editorial Office : 
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis

Faculty of training and education, Pamulang university
Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang, Tangerang Selatan, Banten
Tel/fax : (021) 741 2566
Phone : 0813 67371529
e-mail : jurnaleduka@gmail.com and dosen01674@unpam.ac.id

Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis publish articles selected under the License Creative Commons Attribution 4.0 International License.