MANAJEMEN STRES GURU (STUDI KASUS GURU SEKOLAH DASAR DI SUMENEP MADURA)

Authors

  • SYAFAATUL HIDAYATI Universitas Pamulang
  • SURYADI SURYADI Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32493/eduka.v5i2.8236

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui: (1) jenis stres yang dialami sekolah dasar di Kabupaten Sumenep Madura; (2) penyebab stres dan (3) manajemen stres. Pendekatan yang dilakukan peneliti adalah penelitian kualitatif. Validitas data atau pengecekan keabsahan data yang telah dikumpulkan dilakukan melalui: (1) perpanjangan penelitian lapangan; (2) ketekunan pengamatan; dan (3) triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa ada beberapa gejala yang dialami seseorang yang menunjukkan stres. Adapun gejala tersebut antara lain: (1) fisiologis; (2) psikologis; dan (3) gejala perilaku. Penyebab stres yang dialami guru antara lain: (1) ketidakpastian lingkungan yang dialami guru adalah ketidakpastian ekonomi dan teknologi; (2) organisasional, dimana guru mengalami masalah dalam menuntut tugas; dan (3) faktor personal, dalam hal ini guru mengalami permasalahan dalam ekonomi personal dan kepribadiannya. Upaya mengatasi stres guru dapat dilakukan dengan diskusi dan sharing dengan teman sejawat mengenai kesulitan yang mereka alami. Satu hal yang terpenting guru selalu menanamkan hal positif dalam dirinya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Ada beberapa gejala yang dialami oleh seseorang yang menunjukkan stres. Penyebab stres yang dialami oleh guru juga bermacam-macam. Dengan demikian upaya yang dapat mengatasinya juga bermacam-macam tergantung pada apa penyebabnya dan jenis stres yang dialami.
Kata Kunci: Manajemen; Stress; Guru  

References

Afriliani, Fiqoh. 2020. Pengaruh Beban Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Dosen Tetap Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang Tahun 2017. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol. 5 No. 1 Tahun 2020.

Andini & Supriyadi. 2013. Hubungan antara berpikir positif dengan harga diri pada lansia yang tinggal di panti jompo di Bali. Bali : Fakultas Psikologi Universitas Udayana (Vol. 1).

Anwar, Saiful. Implementasi Total Quality Management (Tqm) dalam Bisnis Pendidikan. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol. 4 No. 2 Tahun 2019.

Colquitt, Jason A., Jeffery A. Lepine & Michael J. Wesson. (2009). Organizational Behavior : Improving Performance and Commitment in the Workplace. New York: McGraw-Hill Irwin.

Didin. 2020. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi, Disiplin Kerja dan Kinerja Guru. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol. 5 No. 1 Tahun 2020.

Gaziel, H. H. 1993. Coping With Occupational Stress Among Teachers: A Cross-Cultural Study. Journal of Comparative Education, 29(11), 67-79.

Gunawan, I. 2017. The Application of Instructional Management Based Lesson Study and its Impact with Student Learning Achievement. Proceeding 2nd International Conference on Educational Management and Administration (CoEMA), Theme: The Challenges of Educational Management and Administration in Global and Local Era, Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, Malang, Published by Atlantis Press, hlm. 4-12.

Hakim, Lukman & Eko Sugianto. 2017. Manajemen Stres Kerja Pengusaha Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan Industri Batik Laweyan Surakarta, Vol 2.

Kumintardjo, dan Gunawan, I. 2017. Manajemen Layanan Khusus. Malang: Universitas Negeri Malang, Penerbit UM Press.

Kusworo. 2020. Peningkatkan Kualitas Pembelajaran Psikologi Pendidikan Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol. 5 No. 1 Tahun 2020.

Lubis, Metha. 2019. Peran Guru Pada Era Pendidikan 4.0. EDUKA: Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol. 4 No. 2 Tahun 2019.

Moleong, Lexy J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Natsir, N.F. 2010. Psikologi Manajemen. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Phoolka, E.S. and Kaur, N. 2012. Adversity quotient: A new paradigm to explore. Cont. Business Stud. 3(4).

Robbins, P. Stephen & Judge, Timothy A. 2017. Organizational Behaviour, Edisi 13, Jilid 1, Salemba Empat, Jakarta.

Wardani, Naniek Sulistya. 2012. Pengaruh Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik.Universitas Kristen Satyawacana.

Additional Files

Published

01-08-2020

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.