HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA

Angga Rovita

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai (1) hubungan antara kepemimpinan dengan kepuasan kerja, (2) hubungan antara budaya organisasi dengan kepuasan kerja, dan (3) hubungan antara kepemimpinan dan budaya organisasi dengan kepuasan kerja secara bersama-sama.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survey, yaitu dengan teknik penyebaran angket sebagai instrumen utamanya. Sampel dalam penenlitian ini adalah 80 guru dengan menggunakan random sampling. Metode penelitian yang digunakan  dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan analisis korelasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat (1) hubungan yang positive antara kepemimpinan dengan kepuasan kerja  (2) hubungan positive antara budaya organisasi dengan kepuasan kerja, dapat disimpulkan bahwa semakin baik budaya organisasi maka semakin baik kepuasan kerja, dan  (3) hubungan positive antara kepemimpinan dan budaya organisasi dengan kepuasan kerja secara bersama-sama. Berdasarkan hasil pengujian dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semakin baik kepemimpinan dan budaya organisasi  maka semakin baik kepuasan kerja,


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32493/frkm.v1i1.2531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

iconisjd150

 

MAILING ADDRESS

Program Pascasarjana Universitas Pamulang
JL. Surya Kencana No.1 Pamulang
Tangerang Selatan, Banten, 15417
Tlp/Fax: (021) 7412566
Handphone: +62 878-8655-3215
E-mail: forkamma@unpam.ac.id

Based on a work at http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/FRKM

Pengunjung:

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.