PENINGKATAN KOMPETENSI DOSEN DALAM CARA MENGAJAR MELALUI PENGEMBANGAN TRAINING NEED ANALYSIS (STUDI KASUS DI PRODI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PAMULANG)

Derita Qurbani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui fenomena dan memperoleh bukti empirik, serta kesimpulan tentang kompetensi dosen Universitas Pamulang dalam cara mengajar. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kombinasi model atau desain concurrent embedded (campuran tidak berimbang) yang menggabungkan metode kualitatif yang menjadi metode primer dan metode kuantitatif menjadi metode sekunder. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel sebanyak 307. Adapun alat analisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan Training Need Analysis (TNA). Hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Didapati bahwa kompetensi dosen Universitas Pamulang hanya 8% yang memiliki kompetensi pedagogik tinggi, 14% memiliki kompetensi profesional tinggi, 60% memiliki kompetensi kepribadian tinggi, dan 38% memiliki kompetensi sosial yang tinggi. (2) Setelah dilakukan analisis dengan Training Need Analysis (TNA) terdapat adanya GAP (kesenjangan) yang terjadi pada kompetensi sebagian dosen UNPAM dalam cara mengajar. (3) Dari adanya GAP yang terjadi di lapangan maka sebagian dosen UNPAM yang masih kurang tinggi dalam kompetensi, diperlukan sekali untuk diikuti pelatihan-pelatihan yang berhubungan dengan permasalah pada GAP (kesenjangan) yang ada.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32493/%25frkm.v1i1.2535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

iconisjd150iconisjd150

MAILING ADDRESS

3th floor, S2 Magister Manajemen, Pascasarjana Univesitas Pamulang 
Kampus II Viktor, Surya Kencana Street, Viktor, Pamulang
Tangerang Selatan, Banten, 15417
Tlp/Fax: (021) 7412566
Handphone: +62 878-8655-3215
E-mail: jurnalforkamma@gmail.com

Based on a work at http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/FRKM

Pengunjung:

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.