PENGARUH IKLAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, RESIKO DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP MINAT NASABAH INTERNET BANKING BRI PADA NASABAH BRI UNIT MALABAR TANGERANG
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam menggunakan internet banking BRI. Permasalahan penelitian ini adalah masih rendahnya nasabah PT BRI Persero yang melakukan aktivitas perbankan di website resmi BRI. Dalam penelitian ini diajukan model penelitian untuk menganalisis minat nasabah terhadap layanan Internet Banking BRI dengan menguji faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu iklan, kemudahan penggunaan, resiko dan citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan sampel 54 orang nasabah BRI Unit Malabar yang sudah pernah menggunakan Internet Banking BRI. Alat analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana pada program SPSS versi 18. Hasil analisa data menunjukkan bahwa model penelitian mempunyai kesesuaian yang baik, dan semua hipotesis penelitian dapat dibuktikan. Kesimpulan yang diambil adalah variabel iklan dan variabel resiko secara siginifikan berpengaruh terhadap minat nasabah untuk menggunakan Internet Banking BRI. Namun variabel kemudahan penggunaan dan variabel citra perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat menggunakan Internet Banking BRI
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, (2002), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Downing, Douglas. (1993). Computer and Bussines Tasks, Bussiness Volume, Baron, terjemahan PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Indrianto, Nur dan Supomo, B, (2002), Metodologi Penelitian Bisnis. Edisi Pertama, Cetakan kedua. Yogyakarta: BPFE UGM
Kasmir. Manajemen Perbankan Jakarta, Rajawali Press : 2000.
Kotler, P dan K.L. Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi II. Alih Bahasa:
Bob Sabran MM Penerbit Erlangga : Jakarta
Moh Nazir. 2005. Metode Penelitian. Edisi Ketujuh. Jakarta : Ghalia Indonesia
Masyhud, Ali (2006), Manajemen Resiko Strategi Perbankan Dan Dunia Usaha Menghadapi Tantangan Globalisasi Bisnis, PT Raja Grafindo Persada: Jakarta
Nawawi, H, (2005), Perencanaan Sumber Daya Manusia untuk organisasi Profit yang kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Nugroho, Bhuono A. (2005). Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian
dengan SPSS. Andi :Yogyakarta
Sugiyono, (2002), Statistika Unutk Penelitian. Cetakan Keempat. Bandung: CV. Alfabeta
Sugiyono, (2010), Metode penelitian bisnis. Ctakan kedua belas. Bandung: CV. Alfabeta
Sudarmanto, Gunawan (2005). Analisis Regresi Linier Ganda dengan SPSS. Edisi
Pertama. Graha Ilmu : Yogyakarta
Suparmoko. 1991. Metode Penelitian Praktek. BPFE : Yogyakarta
Suparmoko M. Metode Penelitian Praktis (untuk ilmu-ilmu sosial dan ekonomi), Edisi 4 BPFE : Yogyakarta 1999
Umar, Husein, (2002), Metode Peneltian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Umar, Husein, (2004), Metode Riset Ilmu Administrasi. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakata
Yohanes Anton Nugroho. 2011. It’s easy olah data dengan SPSS Edisi Pertama.
Yogyakarta : Skripta Media Creative.
DOI: http://dx.doi.org/10.32493/frkm.v2i1.3411
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
MAILING ADDRESS
Program Pascasarjana Universitas Pamulang
JL. Surya Kencana No.1 Pamulang
Tangerang Selatan, Banten, 15417
Tlp/Fax: (021) 7412566
Handphone: +62 878-8655-3215
E-mail: forkamma@unpam.ac.id
Based on a work at http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/FRKM
Pengunjung:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.