ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KEPEMIMPINAN (PEMIMPIN, PENGIKUT) TERHADAP MOTIVASI KARYAWAN DALAM MEMASARKAN PRODUK PT. TELKOM INDONESIA Graha Telkom BSD

LELY - SURYANI

Abstract


A B S T R A K  

ANALISIS PENGARUH FAKTOR FAKTOR KEPEMIMPINAN (PEMIMPIN dan PENGIKUT) TERHADAP MOTIVASI KARYAWAN DALAM MEMASARKAN PRODUK PT. TELKOM INDONESIA Graha Telkom BSD Penelitian bertujuan mengetahui hasil pengaruh faktor-faktor kepemimpinan (Pemimpin, Pengikut) terhadap motivasi karyawan dalam memasarkan produk PT. Telkom Indonesia (Tbk) di Graha Telkom BSD. Metode penelitian pendekatan kuantitatif, survey mengumpulkan data primer dari kuesioner populasi di Graha Telkom BSD 61 orang. Hasil (1) Secara simultan uji F diperoleh nilai Fhitung  47,781. Nilai Ftabel  taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (dk) pembilang = k (banyak variabel bebas) = 4 dan  dk penyebut = n-k-1 = 61– 4 – 1 = 56. Ftabel = 2,540.  Jika nilai Fhitung dibandingkan  Ftabel terlihat Fhitung  (47,781) > dari Ftabel (2,540) tingkat signifikansi (α) 0,000<0,05 adalah signifikan. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Secara Parsial uji T untuk variable pimpinan, nilai thitung sebesar 2,204> ttabel (2,000) nilai taraf signifikansi 0,032< α (0,05). Hasil uji T untuk variable pengikut nilai thitung sebesar 2,039> ttabel (2,000) serta nilai taraf signifikansi  sebesar 0,046< α (0,05). Unsur kepemimpinan (pemimpin,pengikut) berpengaruh kuat terhadap motivasi Karyawan memasarkan produk baik secara simultan maupun parsial. Gaya kepemimpinan mendukung karyawan lebih kreatif dan kondusif dalam bekerja sehingga menambah perluasan wilayah dalam pemasaran produk.

Kata kunci : Pemimpin, Pengikut,  memotivasi karyawan

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32493/Inovasi.v2i2.y2015.p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pengunjung:

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.