PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT PARTISIPASI CALON PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU NURUL AMAL ISLAMIC BOARDING SCHOOL KOTA TANGERANG SELATAN

Authors

  • Yayan Sudaryana Dosen dan Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Pamulang
  • Juhaeri Juhaeri Dosen dan Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Pamulang
  • Anteng Gustiana Dewi Dosen dan Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Pamulang
  • Muhammad Mudzakir Dosen dan Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Pamulang
  • Maretno Sibarani Dosen dan Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Pamulang
  • Fauzan Rahman Ismail Dosen dan Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Pamulang
  • Deni Romasturia Dosen dan Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i2.10498

Keywords:

Penerapan, Digital Marketing, Guru Nurul Amal Islamic Boarding School

Abstract

Pengabdian ini berjudul Penerapan Strategi Digital Marketing untuk meningkatkan Tingkat Partisipasi Calon Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Nurul Amal Islamic Boarding School Kota Tangerang Selatan. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis ilmu manajemen dalam penerapan strategi digital marketing dalam rangka meningkatkan jumlah partisipan calon peserta didik baru setiap tahunnya.  Metode yang digunakan adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung dan diskusi mengenai manajemen pemasaran, peraturan-peraturan yang menyangkut penggunaan media sosial seperti UU ITE, dan strategi digital marketing untuk meningkatkan tingkat partisipasi calon peserta didik baru. Kesimpulan dari pengabdian  kepada masyakat ini adalah bahwa akan dilakukan pendampingan dalam penerapan strategi pemasaran dengan memaksimalkan penggunaan media sosial yang ada serta aturan yang berkaitan dengan penerapannya untuk meningkatkan tingkat partisipasi calon peserta didik baru di SMPIT Nurul Amal Islamic Boarding School.

References

Bruner, Gordon.(2009). Marketing scales handbook. Carbondale: USA.

Dua Puluh Tiga Ribu Lulusan SD Tangsel Berebut 7.000 Kursi SMP Negeri.melaluihttps://nusantara.medcom.id/jawa-barat/peristiwa-jabar/eN4RvE3k-23-ribu-lulusan-sd-tangsel-berebut-7-000-kursi-smp-negeri. Diakses pada 18 November 2020, pukul 15;51 WIB.

Evans, Dave and jake Mckee, 2010, Sosial Media Marketing, Indianapolis, Wiley Publising, Inc.

Jumlah Data Satuan Pendidikan (Sekolah) Per Kabupaten/Kota : Kota Tangerang Selatan.https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index. Diakses pada 18 November 2020, pukul 15:49 WIB

Kelly, et all (2010). Avoidance of advertising in social networking sites: The teenage perspective. Journal of Interactive Advertising, 10(2), 16–27.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Mangold, W. G., & Faulds, D. J. (2009). Social media: The new hybrid element of the promotion mix. Business Horizons, 52, 357–365.

Pelayananpublik.id (2019, 05 Agustus) Pengertian Yayasan, Tujuan, Syarat, dan Cara Mendirikannya. https://pelayananpublik.id/2019/08/05/pengertian-yayasan-tujuan-syarat-dan-cara-mendirikannya/.Diakses Pada 16 November 2020, pukul 18:58 WIB.

Pengertian Digital Marketing. https://www.dosenpendidikan.co.id/digital-marketing-adalah/. Diakses pada 07 Januari 2021, pukul 15:18 WIB.

Pengertian, Kelebihan, jenis, dan Strategi Digital Marketing..https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/. Diakses pada 07 Januari 2021, pukul 15:16 WIB.

Puspaningrum, C., Susanto, S., & Darusman, Y. M. (2020). Kedudukan Penerimaan Negara Bukan Pajak Dari Biaya Hak Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio Dalam Restrukturisasi Utang Dalam Putusan Hakim (Analisis Putusan Nomor 126/Pt. Sus. PKPU/2018 Jkt Pst jo Nomor 136K/Pdt-Sus-Pailit/2019 jo Nomor 103 PK/Pdt. Sus-Pailit/2019). Jurnal Lex Specialist, 1(1).

Sahroni, S., Susanto, S., Sutoro, M., Mukrodi, M., & Apriansyah, M. (2020). Penumbuhan Wirausaha Baru Pada Majelis Da’wah Al’adni. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Sanjaya, Ridwan dan Josua Tarigan, 2009.Creative Digital Marketing.PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Santoto (2017). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi dan Bisnis Vol 11, No. 1 2017.

Susanto, S., Duddy Dinantara, M., Sutoro, M., & Iqbal, M. (2019). Pengantar Hukum Bisnis.

UU no. 7 tahun 2014 tentang Perdagangan.

UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen

UU No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) sebagaimana telah diubah oleh UU No. 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Veritia, V., Lubis, I., Priatna, I. A., & Susanto, S. (2019). Teori Ekonomi Makro.

Wartakota.tribunnews.com (2020, 25 Juni) Jumlah SMP Negeri Kota Tangsel Tak Mencukupi, Disdikbud Kota Tangsel Enggan Bangun Sekolah Baru. https://wartakota.tribunnews.com/2020/06/25/jumlah-smp-negeri-kota-tangsel-tak-mencukupi-disdikbud-kota-tangsel-enggan-bangun-sekolah-baru.Diakses Pada 16 November 2020, pukul !3.06 WIB.

Yanto, O., Susanto, S., Nugroho, A., Santoso, B., & Gueci, R. S. (2020). Sosialisasi Kekayaan Intelektual Guna Menumbuhkembangkan Usaha Dalam Rangka Menghadapi Persaingan Global Pada Revolusi 4.0. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Published

2021-05-03