PELATIHAN MANAJEMEN ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN PERAN PEMUDA DI MASYARAKAT

Devi Putri Isnaeni, Hendri Gunawan, Henni Marlinah, Nurdinni Tilova

Abstract


Pengabdian Kepada Masyarakat ini berjudul Pelatihan Manajemen Organisasi Dalam Meningkatkan Peran Pemuda Di Masyarakat. Tujuan dilaksanakannya kegiatan pengabdian masyarakat adalah untuk memberikan penyuluhan serta tanya jawab akan arti pentingnya meningkatkan kualitas serta peran serta pemuda di masyarakat. Pemuda sangat dituntut beradaptasi dengan cepat dalam mengahadapi perubahan yang terjadi dalam masyrakat untuk dapat terus berdaptasi. Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berlangsung dari bulan Maret sampai April 2021 dan terdiri dari tiga tahapan kegiatan. Tahapan pertama yaitu tahap persiapan dalam melakukan survey lokasi mitra, peserta kegiatan dan penyusunan materi. Tahap ke dua yaitu pelaksanaan yang meliputi pemberian ceramah materi Pelatihan Manajemen Organisasi Dalam Meningkatkan Peran Pemuda Di Masyarakat. Tahap ketiga yaitu evaluasi antara lain untuk mengetahui seberapa dalam pemahaman peserta pelatihan terhadap materi yang diberikan. Kesimpulan  dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah para generasi muda Yayasan Pondok Pesantren Yatim Al Hanif antusias dalam menerima ilmu baru dan aktif melakukan tanya jawab mengenai bagaimana cara mengimplementasikan Manajemen Organisasi Dalam Meningkatkan Peran Pemuda Di Masyarakat.

Kata Kunci : Manajemen Organisasi, Peran Pemuda 


Full Text:

PDF

References


Elfindri, dkk., 2010. Soft Skills untuk Pendidik. T.k.: Baduose Media.

Fajri, C., Susanto, S., Suworo, S., Sairin, S., & Tarwijo, T. (2021). Pelatihan Perencanaan Kewirausahaan Hidroponik Dan Penguatan Kelembagaan Santripreneur Di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Pengasinan Depok. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 154-160.

Herawati, Nur Rafida. Kurniasih, Rini. 2012. Konsep Dasar Organisasi Definisi, Tujuan Dan Proses. Universitas Sebelas Maret : Surakarta.

Isfardiyana, Siti Hapsah. Riani Leviana Anggita Sari. 2014. Pelatihan Manajemen Organisasi pada Remaja Dusun Kenaiban dan Pencil, Desa Kenaiban, Juwiring, Klaten, Jawa Tengah. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan. 3(2): 141-145

Jumawan. 2015. Mengembangkan Sumber Daya Manusia yang Strategis untuk Menunjang Daya Saing Organisasi. Media Mahardika.

Kaipa P & Milus T. 2005. Soft Skills are Smart Skills.

Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2019 Tentang Karang Taruna.

Sahroni, S., Susanto, S., Sutoro, M., Mukrodi, M., & Apriansyah, M. (2020). Penumbuhan Wirausaha Baru Pada Majelis Da’wah Al’adni. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Sudaryana, Y., Susanto, S., Lisnawati, L., Santoso, T., Setyady, T., Nata, C., & Suryanita, A. (2021). MANAJEMEN PEMAKAIAN MASKER SEBAGAI PERLINDUNGAN TERHADAP SDM UMKM KELOMPOK WANITA TANI (KWT) DAUN SALAM, KELURAHAN PAMULANG BARAT, KECAMATAN PAMULANG TANGERANG SELATAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 290-294.

Veritia, V., Lubis, I., Priatna, I. A., & Susanto, S. (2019). Teori Ekonomi Makro.

Yanto, O., Susanto, S., Nugroho, A., Santoso, B., & Gueci, R. S. (2020). Sosialisasi Kekayaan Intelektual Guna Menumbuhkembangkan Usaha Dalam Rangka Menghadapi Persaingan Global Pada Revolusi 4.0. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i3.13507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.