KEMAMPUAN ADMINISTRASI PENCATATAN KEUANGAN BAGI PELAKU UMKM USAHA MIKRO, KECIL MENENGAH MELALUI APLIKASI SIAPIK DAN ASPEK PERPAJAKANNYA UNTUK MENJAMIN KEBERLANGSUNGAN DAN PENGEMBANGAN USAHANYA

Sapta Setia Darma, Zulva Sudarti

Abstract


PKM (pengabdian kepada masyarakat) semester genap tahun akademik 2020/2021 ditujukan pada pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) yang berada di Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten. Masyarakat dalam berwirausaha relatif kurang memperhatikan aspek keuangan yang baik, penatausahaan (pencatatan atau pengadministrasian keuangan) dan aspek perpajakannya yang berperan penting dalam keberlangsungan serta perkembangan usahanya. Kami melihat bahwa kurang berkembangnya kegiatan usaha yang dijalani warga disebabkan diantaranya kekurangpahaman atau keengganan warga bersentuhan dengan lembaga keuangan (d/h perbankan), padahal sebetulnya para pengusaha UMKM ini sangat membutuhkan pelayanan yang disediakan oleh pihak perbankan terutama dalam rangka memanfaatkan fasilitas kredit atau pengajuan dana pinjaman yang disediakan, yang dalam hal ini salah satu persyaratannya adalah adanya penatausahaan/administrasi keuangan atau pembukuannya yang dilakukan secara terstruktur dan sistematis serta adanya bukti pemenuhan kewajiban perpajakannya. Pengabdian Kepada Masyarakat ini memfokuskan pada pemberian pengetahuan dan keterampilan dibidang aspek keuangan yang baik, penatausahaan (pencatatan atau pengadministrasian keuangan) dan aspek perpajakannya sehingga dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mengadministrasikan serta mengelola kegiatan keuangannya dengan melakukan pencatatan atau pembukuan aktifitas keuangan dalam rangka usahanya melalui bantuan sebuah aplikasi yang bisa dimanfaatkan secara cuma-cuma yaitu SIAPIK (Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan) serta pemenuhan hak dan kewajiban perpajakannya.

Kata Kunci: Wira Usaha, UMKM, PKM, Pencatatan Keuangan


Full Text:

PDF

References


Bank Indonesia, (2015). Modul Pelatihan Pencatatan Transaksi Keuangan Usaha Kecil Badan Usahan Bukan Badan Hukum, Jakarta

Bank Indonesia, Jakarta, 2016. SI APIK (Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan Usaha MIkro dan Kecil,

Darma, S.S., Djohar, C., Wenten, I.K., Raphael, A. (2020). Knowledge of Finance, Bookkeeping &Taxation Improved The Quality of Life for The People. Jurnal Abdi Laksana, 1(1), 94-98.

Darma, S.S., Sudarti, Z. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN WIRA USAHA UMKM DARI ASPEK ADMINISTRASI PENCATATAN KEUANGAN MELALUI APLIKASI SIAPIK UNTUK MENJAMIN KEBERLANGSUNGAN USAHA. Prosiding Senantias 2020, 1(1), 695-705.

Darma, S.S., Sudarti, Z. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN WIRA USAHA UMKM DARI ASPEK ADMINISTRASI PENCATATAN KEUANGAN UNTUK MENJAMIN KEBERLANGSUNGAN USAHA. Jurnal PKM Abdi Laksana, 2(2), 253-261.

DJP (2018). Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018 Tentang PPh Peredaran Bruto Tertentu. Jakarta

Fahmi, (2014). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta. Mitra Wacana Media.

Ikatan Akuntan Indonesi, (2018). Standar Akuntansi Keuangan EMKM, DSAK-IAI, Jakarta

Ikatan Akuntan Indonesi, (2018). Standar Akuntansi Keuangan ETAP, DSAK-IAI, Jakarta

Latumaerissa, (2017). Bank & Lembaga Keuangan Lain Teori dan Kebijakan. Jakarta. Mitra Wacana Media.Wijaya, (2018). Akuntansi UMKM. Jakarta. Gava Media.

Maddinsyah, A. M., Kustini, E., & Syakhrial, S. (2018). PENYULUHAN MANAJEMEN PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA KAMPUNG CIBOLEGER LEBAK-BANTEN. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(1).

Novitasari (2019). Metode Mudah Menyusun Pembukuan Sederhana, Pegangan Wajib Praktis Bisnis dan Pelaku Usaha UKM. Yogyakarta.

Sukirman, S., Hidayah, R., Suryandari, D., & Purwanti, A. (2019). Pengelolaan Keuangan Keluarga dalam Rangka Peningkatan Masyarakat Mandiri dan Berperan dalam Peningkatan Literasi Keuangan Indonesia (Otoritas Jasa Keuangan). Jurnal Abdimas, 23(2), 165-169.

Zulfitra, Z., Susanto, S., Mubarok, A., Sutoro, M., & Anwar, S. (2019). Manajemen Bisnis Sebagai Sarana Untuk Menumbuhkan Pengusaha-Pengusaha Baru (Studi Kasus pada PKBM Nurul Qolbi, Kota Bekasi, Jawa Barat). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i3.13508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.