PENINGKATAN KETERAMPILAN BELAJAR DAN SOFTSKILL DI PANTI ASUHAN AL-KAMILAH SERUA - DEPOK

Welly Indra, Munarsih Munarsih, Indra Januar Rukmana, Irenne Putren, Maulinda Maulinda

Abstract


Penguasaan terhadap metode belajar yang baik sebenarnya dapat menggambarkan tentang bagaimana kemampuan penguasaan anak panti asuhan terhadap keterampilan belajar, karena dengan menguasai keterampilan belajar. Mereka akan menyadari bagaimana cara belajar yang baik sehingga menjadi lebih bertanggungjawab terhadap cara belajarnya karena keterampilan belajar, akan menunjang keberhasilan dalam belajar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling.  Peningkatan keterampilan belajar merupakan salah satu aspek pengembangan diri siswa yang menjadi tujuan dari pelayanan bimbingan dan konseling. Soft skills merupakan faktor yang turut menunjang kesuksesan anak panti asuhan belajar matematika. Perlu ada upaya untuk menerapkan suatu model pembelajaran yang dapat memicu peningkatan soft skills mereka dalam matematika. Kegiatan pengabdian ini menerapkan model pembelajaran generatif sebagai alternatif pembelajaran yang diperkirakan akan memicu peningkatan ketiga kemampuan tersebut. Tujuan kegiatan PKM adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi penerapan model tersebut terhadap peningkatan kemampuan soft skills pada level sekolah (tinggi, sedang dan rendah). Hasil kegiatan menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan pencapaian, peningkatan soft skills anak panti asuhan antara eksperimen dan kontrol; (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan level sekolah terhadap peningkatan soft skills.

Kata Kunci: Peningkatan Keterampilan, Soft Skill, pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Cummings, T.G., & Worley, C.G. (2005). Organizational development and change (8th Ed.). USA: Thomson SouthWestern.

Dipboye, R.L., Smith, C.S., & Howel, W.C. (1994). Understanding industrial and organizational psychology: An integrated approach. USA: Harcourt Brace College Publishers.

Hayes, N. (2000). Doing qualitative analysis in psychology. New York: Psychology Publisher.

https://blog.unitedtronik.co.id/membuat-anggaran-rumah-tangga/;Unduh Jumat 04 September 2020.

https://www.harmony.co.id/blog/pengertian-pendapatan-secara-mendalam-dan-mengenal-jenis-jenisnya

Jobsdb. (2012). Daftar pekerjaan. Diunduh pada Agustus-September 2012, dari: http://id.jobsdb.com/id/id.

Jobstreet. (2012). Daftar lowongan pekerjaan. Diunduh pada Agustus-September 2012, dari: http://www.jobstreet.co.id.

John, J. (2009). Study on the nature of impact of soft skills training programme on the soft skills development of management students. Pacific Business Review, 24, 19-27.

Klaus, P. (2010). Communication breakdown. California Job Journal, 28, 1-9.

M Munarsih, R Hanny, SI Farida, N Anggraini, H Priyanto, A Fauzi, Pembinaan Usaha Secara Online untuk Meningkatkan Pemasaran Di Masa Pandemic Covid-19, Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat 1 (1)

Moore, K., Carlson, D., Whitten, D., & Clement, A. (2008). Gender differences at the executive level: Perceptions and experiences. Chance, 21(1), 43-48.

Muchinsky, P.M. (2006). Psychology applied to work (8th Ed). USA: Thomson Wadsworth.

Munandar, A.S. (2006). Psikologi industri dan organisasi. Jakarta: UI Press.

Munarsih, (2019). Analisis Strategi Pelaksanaan Pelayanan Pendidikan pada SDIT Bina Cendekia – Depok. Jurnal Kompetitif, Vol 2, No. 3, 136-155.

Munarsih, Mada F. Akbar, Ariyanto, A., Ivantan, Sudarsono, A. (2020). Pelatihan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa untuk Berwirausaha pada SMK Muhammadiyah Parung-Bogor. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, Vol 3, No. 1, 22-27.

Philip Kotler dan Gary Armstrong, Prinsip-prinsip Pemasaran, alih bahasa oleh Bob Sabran, (Jakarta: Erlangga, 2006).

Reynolds, T. J., & Gutman, J. (1988). Laddering theory, method, analysis, and interpretation. Journal of Advertising Research,28, 11-31.

Robbins, S.P. (1994). Organization theory: Structure, design, and applications. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Robles, M.M. (2012). Executive perceptions of the top 10 soft skills needed in today’s workplace. Business Communication Quarterly, 75, 453-465.

Satu, B. (2020, 04 18). https://www.youtube.com. Diambil kembali dari https://www.youtube.com: https://www.youtube.com/channel/UCqLsfkQSM0yfyGvONAGWd3Q

Shuayto, N. (2012). The case for softskills development in MBA programs. Global Conference on Business & Finance Proceedings, 7, 58-67.

Solomon, H. (1999). Soft skills key to success, execs say. Computing Canada 25(28), 1-2.

Susanto, J. (2012). Pengaruh Pemasaran Online. Harga dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Website www. pagarkanopi. com). Tesis, Universitas Pamulang.

Velasco, M.S.(2012). More than just good grades: Candidates’ perceptions about the skills and attributes employers seek in new graduates. Journal of Business Economics & Management, 13(3), 499-517.

Vinta. (2020, 4 11). http://rri.co.id. Diambil kembali dari http://rri.co.id/post/berita/818264/ekonomi/ini_tips_atur_keuanganmu_saat_masa_psbb.html: ehttp://rri.co.id/post/berita/818264/ekonomi/ini_tips_atur_keuanganmu_saat_masa_psbb.html

Wahyu (18/08/2020) https://megapolitan.kompas.com. Diambil kembali dari https://megapolitan.kompas.com /read/2020/08/18/13085251/kasus-positif-covid-19-di-jakarta-tembus-30000-ini-sebarannya-di-jakarta

Yuwono, I., dkk. (2005). Psikologi industri dan organisasi. Surabaya: Universitas Airlangga.

Zehr, M. A. (1998). New office economy putting greater demands on schools. Education Week, 17(23), 7-10.

Zuraya Nidia; Selasa 26 Mei 2020; Pandemi Covid-19 Berdampak pada Keuangan Rumah Tangga; https://republika.co.id/berita/qaxays383/pandemi-covid19-berdampak-pada-keuangan-rumah-tangga; Unduh Jum’at 04 September 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i3.13510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.