MANAJEMEN SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH YANG MAMPU MEMANFAATKAN POTENSI SAMPAH SECARA OPTIMAL

Hanum Puspa Dhiani, H. Arsid, Taufik Awaludin, Ma’fiyah Ma’fiyah, Surti Wardani

Abstract


Produksi sampah setiap hari kian meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah produk dan pola konsumsi masyarakat. Konsekuensinya masalah sampah menjadi terabaikan seperti pengelolaan sampah yang sulit dikendalikan oleh masayarakat. Di masa Pandemi COVID-19 menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal sangat penting dengan cara pengelolaan sampah melalui pemanfaatan fasilitas yang ada untuk mengurangi penumpukan sampah khususnya sampah rumah tangga. Untuk itulah diadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen Prodi Manajemen ini dengan tujuan untuk memberikan penyuluhan sekaligus guna membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya mengelola sampah. Sebagai bentuk pelaksanaan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, PKM telah dilaksanakan pada tanggal 1-3 Juli 2021, bertempat di Jalan Abiasa RT 001 RW 002 Kelurahan Pondok Benda, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan. Tema yang diangkat adalah “Manajemen Sistem Pengelolaan Sampah Yang Mampu Memanfaatkan Potensi Sampah Secara Optimal". Metode yang digunakan berupa penyuluhan mengenai sampah sekaligus edukasi tentang cara pengelolaan sampah dengan memanfaatkan fasilitas yang ada dan juga simulasi pemilahan sampah oleh peserta. Hasil pelaksanaan kegiatan PKM ini masyarakat dapat menerapkan pengelolaan sampah yang baik dan benar di kehidupan sehari-hari dan dapat memanfaatkan fasilitas pengelolaan sampah yang ada di sekitar tempat tinggal masyarakat.

Kata Kunci: pengelolaan sampah, pemanfaatan sampah, penyuluhan masyarakat


Full Text:

PDF

References


Afriani, Leni. 2017. Kajian Pengelolaan Sampah Di Pasar Godean Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta: Karya Tulis Ilmiah. Jurusan Kesehatan Lingkungan, Poltekkes, Kemenkes Yogyakarta.

Alex, S. 2015. Sukses Mengolah Sampah Organik Menjadi Pupuk Organik. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Dhiani, H.P.; Widodo, A.S.; Hanum, N.; Mutmainnah, M.; Dimyati, A. 2020. Membangun Motivasi Siswa yang Mampu Memanajemen Waktu dengan Baik. Jurnal PKM Abdi Laksana 1(2).

Harry. 2013. Strategi Pemberdayaan Masyarakat: cetakan keenam. Bandung:Humaniora

Ign. Suharto. 2011. Limbah Kimia dalam Pencemaran Udara dan Air, Jakarta

Kanisius. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah

Mutmainnah, M.; Dhiani, H. P. 2020. Kisah Nabi Sebagai Peningkatan Motivasi Dalam Kegiatan Santriwan/Wati Ditaman Pendidikan Alqur’an Miftahul Huda. Jurnal ABDIMAS, 1(1).

Mutmainnah, M.; Widodo, A.S.; Dimyati, A.; Dhiani, H.P.; Wardani, S. 2020. Aplikasi Social Responsibility: Kegiatan Bakti Sosial Dalam Masa Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Kukusan RT 06 RW 05 Kecamatan Beji Kota Depok Jawa Barat 16425. Jurnal Dedikasi PKM 1(3).

Nugroho, Panji. 2013. Panduan Membuat Kompos Cair. Jakarta: Pustaka Baru Press Hikmat,

Sahroni, S., Susanto, S., Sutoro, M., Mukrodi, M., & Apriansyah, M. (2020). Penumbuhan Wirausaha Baru Pada Majelis Da’wah Al’adni. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Sejati, K. 2008. Pengolahan Sampah Terpadu. Jakarta: Kanisius

Sudaryana, Y., Susanto, S., Lisnawati, L., Santoso, T., Setyady, T., Nata, C., & Suryanita, A. (2021). Manajemen Pemakaian Masker Sebagai Perlindungan Terhadap Sdm Umkm Kelompok Wanita Tani (Kwt) Daun Salam, Kelurahan Pamulang Barat, Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan Di Masa Pandemi Covid-19. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 290-294.

Suharto, Edi. 2009. Pekerjaan Sosial Industri. Cetakan Kedua. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Veritia, V., Lubis, I., Priatna, I. A., & Susanto, S. (2019). Teori Ekonomi Makro.

Widodo, A. S., Kumara, D., & Wardani, S. (2020). Reorientasi Peran Karang Taruna: Mengembangkan Manajemen Organisasi Yang Selaras Dengan Konteks Pembangunan Daerah. Jurnal ABDIMAS Tri Dharma Manajemen, 1(1).

Zulfitra, Z., Susanto, S., Mubarok, A., Sutoro, M., & Anwar, S. (2019). Manajemen Bisnis Sebagai Sarana Untuk Menumbuhkan Pengusaha-Pengusaha Baru (Studi Kasus pada PKBM Nurul Qolbi, Kota Bekasi, Jawa Barat). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i3.13514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.