FUNGSI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II JAKARTA SELAMA WORK FROM HOME

Authors

  • Umi Rusilowati Magister Manajemen,Pascasarjana,Universitas Pamulang,Indonesiaq
  • Nardi Sunardi Magister Manajemen,Pascasarjana,Universitas Pamulang,Indonesia
  • Primastyo Arshandi Magister Manajemen,Pascasarjana,Universitas Pamulang,Indonesia
  • Manggala Bela Adi Utama Magister Manajemen,Pascasarjana,Universitas Pamulang,Indonesia
  • Tya Puri Harini Magister Manajemen,Pascasarjana,Universitas Pamulang,Indonesia
  • Marleen Tasidjawa Magister Manajemen,Pascasarjana,Universitas Pamulang,Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i3.13522

Keywords:

Kinerja, WFH, ASN

Abstract

Penerapan protokol Kesehatan dalam menjalankan kehidupan normal yang baru, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilaksanakan mengakibatkan banyak kantor baik pemerintah maupun swasta menerapkan skema bekerja dari rumah (Work From Home/WFH). Kondisi yang berbeda dalam penerapan skema WFH di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Jakarta merubah fungsi dan alur kinerja yang dilakukan oleh ASN, sehingga berdampak dalam pencapaian target kinerja yang sudah direncanakan. Metode Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan pengujian hipotesis. Hasil perhitungan Regresi Linear Sederhana atau sering disingkat dengan SLR (Simple Linear Regression) besarnya nilai korelasi/ hubungan (R) pada uji regresi yaitu sebesar yaitu sebesar 0,873 dan Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,762, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas ( motivasi kerja) terhadap varibel terikat (kinerja ) adalah sebesar 76,2 % sedangkan sisanya yaitu  23,8 % dipengaruhi oleh variabel lain.

References

David A. Decenzo and Stephen P.Robbins, Human Resources Management, Sixth Edition, (New York: Jhon Wiley & Sons,Inc),1999.hal.9.

Gulick, L., & Urwick, L. (1937). POSDCORB. New York: Institute of Professional Administration.

Maida,A.2007.Analisis Hubungan Antara Motivikasi dan Kinerja Pegawai di Sekretariat Kota Palopo. Program Studi Administrasi Pembangunan Program Pascasarjana. Universitas Hasanuddin. Makasar.

Mungkasa,Oswar.2020.Bekerja dari Rumah (Working From Home/WFH): Menuju Tatanan Baru Era Pandemi COVID 19.The Indonesian Journal of Development Planning. Volume IV No.2-Juni 2020.

Nahruddin, Zulfan. 2018. Isu-Isu Permasalahan SDM Pemerintahan. Open Science Framework.

Pertiwi,R.E.,dkk.2020.Family Strength Model dalam Upaya Meningkatkan Ketangguhan Keluarga di Situasi Krisis.Jurnal of Community Services.Vol.1,No.2. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.

Purwanto, Agus.2020. Studi Eksplorasi Dampak Work From Home (WFH) Terhadap Kinerja Guru Selama Pandemi Covid-19. Journal of Education, Psychology and Counseling. Volume 2 Nomor 1 (2020) ISSN Online:2716-4446.

Rasyid, Aliyah.2004. Manajemen Sumber Daya Manusia, (Makalah dalam Perkuliahan mata kuliah Manajemen Pemberdayaan dan Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan Islam, Pascasarjana IAIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Sedarmayanti,M.Pd.,APU.2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung.Penerbit: Mandar Maju.

Sudjana, 1996. Metode Statistik, Tarsito: Bandung.

Supardi,2013. Kinerja Guru.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wijayanti, Irine Diana Sari.2008. Manajemen. Mitra Cendekia Press. Yogyakarta.

Zaenuri, M. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia di Pemerintahan. Yogyakarta: LP3M UMY.

Downloads

Published

2021-10-11