STRATEGI MARKETING DESTINASI WISATA CURUG ANGKREK PASCA COVID-19

Ivantan Ivantan, Munarsih Munarsih, Agus Sudarsono, Aris Ariyanto, Mada Faisal Akbar

Abstract


Usaha mengembangkan suatu daerah tujuan wisata harus memperhatikan berbagai faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan suatu daerah tujuan wisata. Salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah pemberian informasi ke masyarakat luas. Minimnya informasi ini membuat banyak masyarakat mencari informasi mengenai tempat wisata melalui brosur, komunitas, promosi, buku, dan terutama adalah melalui internet. Pariwisata sebagai penggerak sektor ekonomi dapat menjadi solusi bagi pemerintah dalam meningkatkan pembangunan ekonomi. Sektor pariwisata tidak hanya menyentuh kelompok - kelompok ekonomi tertentu tetapi dapat menjangkau kalangan bawah. Masyarakat di sekitar obyek - obyek wisata dapat mendirikan berbagai kegiatan ekonomi misalnya tempat penginapan, layanan jasa (transportasi, informasi), warung dan lain-lain. Kegiatan - kegiatan ini dapat menambah pendapatan masyarakat dan menekannya tingkat pengangguran. Kegiatan ini bertujuan memotivasi dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat dalam mengelola dan memikirkan strategi yang efektif guna meningkatkan eksistensi wisata alam di Desa Karang Nunggal Kecamatan Karang Nunggal Kabupaten Tasikmalaya sebagai upaya pencapaian tujuan besar, yaitu untuk membangun perekonomian desa di Indonesia ataupun solusi keprihatinan bangsa Indonesia terutama pada masa covid-19 ini. Isu nasional yang menjadi keprihatinan bangsa Indonesia ini juga yang menjadi acuan dalam penyusunan PkM – di desa Karang Nunggal Kabupaten Tasik Jawa Barat. Program yang kami usulkan adalah ”Strategi Marketing Destinasi Wisata Curug Angkrek Pasca Covid-19 di Kp. Cimuncang Desa Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. Bentuk dari program ini adalah pengembangan masyarakat dalam memanfaatakn potensi destinasi wisata Curug Angkrek melalui media sosial serta dampak positifnya bagi masyarakat disekitar tempat wisata untuk mampu membuka wirausaha. Metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan yaitu dengan berbagai metode seperti ceramah, diskusi dan tanya jawab, serta pendampingan bagi masyarakat secara rutin. Program ini mempunyai tujuan jangka panjang berdasarkan beberapa bentuk pengabdian yakni mewujudkan destinasi Curug Angkrek sebagai tempat wisata pilihan masyarakat sekitar maupun masyarakat luas sehingga bisa menjadi sumber ekonomi baru baik bagi pemerintah desa maupun bagi masyarakat kampung Cimuncang.

Kata Kunci: Strategi Marketing & Destinasi Wisata


Full Text:

PDF

References


Alma, 2013, Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, CV Alfabeta, Bandung.

Arikunto, Suharsimi 2010, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Edisi Revisi, Rineka Cipta. Jakarta

Assauri, 2012, Manajemen Pemasaran, Rajawali Pers, Jakarta.

Atik dan Ratminto, 2012, Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar, Yogyakarta. Ariyanto, Aris 2019, The Influence of Price and Service Quality on Customer Satisfaction at PT Sarana Estate

Daryanto, 2011, Strategi Menaklukkan. Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Cetakan Ketiga. Gramedia, Jakarta.

Effendi M. Guntur, 2010, Transformasi Manajemen Pemasaran+Membangun. Citra Negara. Sagung Seto, Jakarta.

Ganar, Y. B., Sahroni, S., Zulfitra, Z., Apriansyah, M., & Susanto, S. (2021). Manajemen Strategi Pengembangan Wisata Goa Gudawang. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 83-87.

Ghozali, 2012, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Undip. Semarang.

Hasibuan, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, PT Bumi Aksara, Jakarta.

Hasan, 2009, Marketing, Media Pressindo, Yogyakarta.

Jhon D. Millet, 2012, Management in the public service: The quest for effective performance. New York: McGraw-Hill.

Kotler dan Amstrong, 2012, Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid I. Erlangga, Jakarta.

dan Keller, 2012, Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Penerjemah Benyamin Molan, Indeks, Jakarta.

Legawa, Aby. 2008. Komponen Produk Pariwisata dengan Acuan Khusus. Jakarta: Gramedia Pustaka

Rangkuty, 2009, Riset Pemasaran, Gramedia pustaka Utama, Jakarta.

Robbins dan Coulter, 2014, Manajemen, Edisi ke sepuluh jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Rosvita, 2010, Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Cuaua terhadap Keputusan Pembelian Teh siap Minum dalam Kemasan Merek Teh Botol Sosro. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Rulli Nasrullah, 2016, Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Sosioteknologi, Cet.kedua, Simbiosa Rekatama Media, Bandung

Saladin, 2011, Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan, Edisi Lima, Linda Karya, Bandung.

Safroni, 2012, Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam. Konteks Birokrasi Indonesia. Aditya Media Publishing, Surabaya

Shinta Agustina, 2011, Perilaku Konsumen : Afeksi Konsumen, Lab, Manajemen Agribisnis/Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya, Malang.

Stelzner, MA (2012). Social Media Marketing Industry Report. How Marketers Are Using Social Media to Grow Their Business

Stockdale, Ahmed, & Scheepers. (2012). Identifying Business Value from The Use of Social Media: An SME Perspective. Pacific Asia Conference on Information Systems. Association for Inforamtion System Electronic Library

Sugiyono, 2015, Metodologi Penelitian Manajemen, Alfabeta, Bandung.

Supardi, 2013, Aplikasi Statistik Dalam Penelitian, PT Prima Ufuk Semesta, Jakarta.

Supranto, 2012, Metode Riset Aplikasinya Dalam Pemasaran, Lembaga Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Swastha dan Irawan, 2011, Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta. Tjiptono, 2014, Pemasaran Jasa, Andi Offset, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i3.13527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.