MANAJEMEN PEMBELAJARAN SEKOLAH PADA YAYASAN INI MEDIA KITA GUNUNG SINDUR BOGOR

Ibnu Sina, Ivan Putranto, Hestu Nugroho Warasto, Anah Furyanah, Haidila Maharani

Abstract


Kegiatan pegabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mentransfer pengetahuan dan pendidikan bagi anak usia dini sebagai pembentukan kepribadian manusia secara utuh. Adapun metode yang dilakukan berupa penyampian materi dan praktik/penerapannya Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sebelum pelaksanaan PKM Permasalahan manajemen yang berkualitas yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan TPA. Penerapan manajemen di TPA sangat diperlukan agar kebutuhan anak mendapatkan pendidikan yang layak dan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak,namun setelah pelaksanaan kegiatan diketahui Kegiatan PKM secara tidak langsung sangat berperan positif dalam meningkatkan pengetahuan  dan keterampilan guru dalam memberikan pelayanan kepada anak usia dini. Metode kegiatan yang digunakan adalah bekerjasama dengan Guru di Yayasan Ini Media Kita. dan mencari pemasalahan yang ada di tempat tersebut sehingga dapat memberikan solusi yang tepat, serta memotivasi Guru di Yayasan Ini Media Kita. Setelah di analisis maka kami memberikan pelatihan dalam bentuk materi dan praktek dalam mengembangkan kemampuan  bagi para guru yang berada di TPA tersebut.

Kata kunci : PKM, Manajemen Berkualitas di TPA, Pelatihan bagi guru di TPA.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. C. (2009). Multicultural Education in Early Childhood: Issues and Challenges. Journal of International Cooperation in Education, 159-175.

Abosede, S. C. (2017). Quality Control in Early Childhood Education. British Journal of Education, 63-72.

Anwar, HM. Idochi dan YH Amir (2001). Administrasi Pendidikan, Teori, Konsep, dan Isu, Program Pascasarjana. UPI

Buchori, Mochtar. (2001). Transformasi Pendidikan, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, Cetakan Kedua

Daulat P. Tampubolon. (2011). Perguruan Tinggi Bermutu: Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Abad ke-21. Cet. I; Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Engkoswara. (2001) .Paradigma Manajemen Pendidikan menyongsong otonomi Daerah, Yayasan Amal Keluarga. Bandung, Cetakan Kedua,

Hidayat, Wilma Rahmah. (2019). Manajemen Pembelajaran Anak Usia Dini Kesesuaian Dengan Standar Paud. Unnes : Semarang

PP RI No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Sahroni, S., Krisyanto, E., Ganar, Y. B., Mukrodi, M., & Dinantara, M. D. (2020). Pelatihan Kewirausahaan Dalam Mempersiapkan Wirausaha-Wirausaha Baru Di Pkbm Nurul Qolbi Kota Bekasi-Jawa Barat. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Sahroni, S., Susanto, S., Sutoro, M., Mukrodi, M., & Apriansyah, M. (2020). Penumbuhan Wirausaha Baru Pada Majelis Da’wah Al’adni. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Suharti. (2018). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi pada PAUD Negeri Pembina 142 Curup Pertiwi Kabupaten Rajang Lebong). TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 51-70

Sunarto, Andi. 2009. Seluk Beluk E-Commerce. Panduan Bagi Pemula untuk Menjual Produknya Melalui Internet. Jogjakarta: Garailmu.

Susanto, S., & Iqbal, M. (2019). Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Sinergitas Akademisi Dan TNI Bersama Tangkal Hoax Dan Black Campaign. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Tahir, Wahid, Abd. (2017). Pengembangan Manajemen Sumber daya manusia Terhadap peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Uin-Alauddin, VI, 1-14 Tilaar, H.A.R.(2004). Paradigma Pendidikan Nasional, Rineka Cipta, Jakarta. Cetakan Kedua,




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i3.13530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.