SOSIALISASI MOTIVASI DAN KETRAMPILAN BELAJAR DI ERA DIGITAL PADA SISWA SMK VIA MEDIKA

Wahyu Andri Wibowo, Laura Komala, Yusep Prihanto, Muhamad Badru Zaman, Bambang Permadi

Abstract


Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, kompeten dan beretika merupakan aset berharga bangsa Indonesia. Memiliki SDM yang kompetitif juga merupakan harapan institusi di bidang pendidikan. Era Digital industri 4.0 bercirikan kebutuhan akan SDM yang terampil digital untuk menopang penerapan industri 4.0. SDM yang kompetitif dapat dilihat dari luarannya yang sangat dibutuhkan dan terserap oleh pihak yang membutuhkan, kemampuan menciptakan inovasi serta menjadi agen perubahan di lingkungannya. Sebagai agen perubahan dilingkungannya, perlu disiapkan pembekalan ketrampilan untuk menunjang kemampuannya di masa yang akan datang. Salah satu contohnya, melibatkan peserta didik dan para guru untuk mengikuti program-program terapan yang berpotensi meningkatkan soft skills dan penguasaan teknis ketrampilan tertentu. Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah sebagai berikut : a) sebagai bentuk penyuluhan dan memotivasi siswa SMK Via Medika agar mempunyai ketrampilan untuk menunjang kemampuannya di masa yang akan datang, b) memotivasi siswa SMK Via Medika untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyelesaiakan tugas-tugas sekolah. Target dan luaran yang diadakan sebagai berikut : a) Siswa dapat memahami pemakaian internet sehat agar bisa menunjang proses pembelajaran, b) Siswa dapat memahami tata cara penggunaan Google Form untuk menunjang keahliannya di masa yang akan datang, c) Siswa dapat memahami tata cara penggunaan Power Point untuk menunjang proses pembelajaran. Hasil kegiatan PKM secara garis besar mencakup beberapa komponen sebagai berikut: 1. Keberhasilan target jumlah peserta pelatihan 2. Ketercapaian tujuan pelatihan 3. Ketercapaian target materi yang telah direncanakan 4. Kemampuan peserta dalam penguasaan materi Target peserta pelatihan seperti direncanakan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa target kegiatan tercapai.

Kata Kunci: Motivasi, Ketrampilan, Era Digital 2021

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, R. D. (2019). Acep Heri Rizal,‘Pelaksanaan Perjanjian Jual Beli Melalui Internet (E-Commerce) Ditinjau Dari Aspek Hukum Perdataan’. Salam Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 6, 45-58.

Hasibuan. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Hidayanto, F. (2015). Pentingnya internet sehat. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 4(01), 21-24.

Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. (2018). Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah?. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 43- 48.

Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan pendidikan, S(l).

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 94-101.

Prayitno, E., Kumiawati, D., & Arvianto, I. R. (2018, October). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. In Seminar Nasional Call For Paper &Pengabdian masyarakat (Vol. 1, No. 01).

Purba, M. A., & Yando, A. D. (2021, January). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan dan Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (SNISTEK) (Vol. 3, pp. 96-101). n.

Rahardja, U., Lutfiani, N., Harahap, E. P., & Wijayanti, L. (2021). iLeaming: Metode Pembelajaran Inovatif di Era Education 4.0. Technomedia J, 4(2), 261-276.

Sahroni, S., Susanto, S., Sutoro, M., Mukrodi, M., & Apriansyah, M. (2020). Penumbuhan Wirausaha Baru Pada Majelis Da’wah Al’adni. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Susanto, S., Darusman, Y. M., Bachtiar, B., Gueci, R. S., & Santoso, B. (2021). Menggunakan Media Sosial Ramah Hukum. Jurnal ABDIMAS Tri Dharma Manajemen, 2(1), 72-78.

Suworo, S., Sairin, S., Susanto, S., Tarwijo, T., & Fajri, C. (2022). Pelatihan Digital Marketing (Sosial Media) Untuk Meningkatkan Life Skill Santri Dan Staf Marketing Di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Depok. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 59-69.

Umam, K. (2010). Perilaku Organisasi. Bandung : CV Pustaka Setia.

Wahyudi, B. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Sulita.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i2.20294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.