KONKRETISASI KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN II PROGRAM MERDEKA BELAJAR KEMDIKBUD DI SDN CEGER 01 PAGI

Tyahya Whisnu Hendratni

Abstract


Konkretisasi  Kampus mengajar program Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Angkatan II memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk belajar dan meluaskan diri melalui kegiatan perkuliahan di luar kelas. Untuk Program yang kedua ini merupakan transmutasi dari Program Kampus Mengajar Angkatan I dimana memiliki tujuan bagi Sekolah Dasar yang terdampak pandemic dengan memberdayakan mahasiswa Kampus Mengajar II di SDN Ceger 01 Pagi yang berdomisili di sekitar  wilayah  Jakarta Timur II untuk membantu para guru dan kepala sekolah dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di tengah pandemic Covid-19. Program Kampus Mengajar dilaksanakan untuk menjadi alat peningkatan mutu Pendidikan tinggi dengan mendorong, memfasilitasi, mempercepat perguruan tinggi mencapai tujuannya . Metode dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif, Subyek Penelitiannya adalah pelaksanaan kampus Mengajar Angkatan II di SDN Ceger 01 Pagi.  Dokumentasi, Observasi dan wawancara  adalah merupakan teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini. Program yang dilaksanakan yaitu : Memberikan bantuan guru dalam adaptasi teknologi selama melaksanakan proses belajar mengajar, berkolaborasi dengan Bapak dan Ibu guru di sekolah terutama pembelajaran literasi dan numerasi baik itu online maupun tatap muka dan Memabntu administrasi Manajerial sekolah.

Kata Kunci : Konkretisasi Kampus Mengajar II, Pembelajaran online, adaptasi teknologi, Pembelajaran Literasi , Pembelajaran Numerasi


Full Text:

PDF

References


Desmita.2014. Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2021,Panduan Program Kampus Mengajar Angkatan II. Jakarta : Kemendikbud.

Mulyasa. 2006. Menjadi guru professional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung ; Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Rosita, Devi Ayu & Damayanti, Rini.2021. Pelaksanaan program kampus mengajar perintis pada sekolah dasar terdampak pandemic covid-19. Prima Magistra : Jurnal Ilmiah Kependidikan .vol 2.

Setiawan , Fajar.& Sukamto.2021. Implementasi kampus mengajar perintis (Kmp) sebagai cikal bakal penggerak pembelajaran literasi dan nuerasi di sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 10.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20. Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Dharma Bhakti

Widiyono, A., Irfana, S Firdausia, K.2021, Implementasi merdeka belajar melalui kampus mengajar perintis di sekolah dasar. Metode Didaktik Jurnal Pendidikan ke -SD-an, XVI(2),106




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i2.20296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.