PENYULUHAN ANTI BULYYING DAN MENERAPKAN SIKAP SALING MENGHARGAI ANTAR SESAMA

Yulita Pujilestari, Widia Setyaningrum, Siti Anisah, Supriyadi Supriyadi, Nilam Sari

Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan edukasi pentingnya stop bullying dan mulai memiliki jiwa sosial, menunjukkan cara mencegah bullying pada anak dan meningkatkan kepedulian sosial dan membentuk sikap saling menghargai. Metode pengabdian ini dilakukan dalam bentuk penyuluhan melalui pemberian edukasi. pentingnya stop bullying dan menanamkan sikap saling menghargai, penyuluhan ini disertai sesi tanya jawab dan diskusi terhadap permasalahan yang sering terjadi di lapangan. Menurut partisipan penyuluhan, khususnya untuk peserta didik disekolah dengan adanya kegiatan ini sangat mengedukasi anak tentang bagaimana berperilaku agak tidak menimbulkan bullying, banyak anak yang merasa mendapatkan bullying walaupun hanya dalam konteks bergaul entah itu dalam sikap atau perkataan. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini adanya peningkatan pemahaman bahwa dalam bergaul harus berperilaku yang baik, tidak mengeluarkan kalimat – kalimat mengejek, merendahkan, agresif fisik, menghina fisik seseorang dan lain sebagainya yang menimbulkan sakit hati seseorang. Selama berlangsungnya kegiatan, siswa sangat antusias dengan penyuluhan ini karena ini sebagai pedoman mereka bergaul di sekolah atau di masyarakat. Mereka menjadi paham bahwa perkataan yang terkesan menghina, merendahkan walaupun dalam candaan adalah salah satu kategori perilaku bullying. Selama ini siswa belum mengikuti atau mendapatkan penyuluhan ini. Mengenai hal tersebut sehingga kegiatan ini dirasa sangat penting dalam memberi edukasi, ber etika dalam berperilaku dan saling menghargai. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini semoga dapat memberikan manfaat bagi siswa dan diharapkan dapat dilakukan secara berkelanjutan khususnya memberikan “Penyuluhan Anti Bullying Dan Menerapkan Sikap Saling Menghargai Antar Sesama”.

Kata kunci: Anti bullying, menghargai sesama.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z.M. (2010). Mengatasi Bullying di Sekolah.

Anggraeni, R. D. (2019). Acep Heri Rizal,‘Pelaksanaan Perjanjian Jual Beli Melalui Internet (E-Commerce) Ditinjau Dari Aspek Hukum Perdataan’. Salam Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 6, 45-58.

Djakit Prihartono, Sintia Hastuti (2019). Sosialisasi Penyuluhan Stop Bulyying

Ehan. (2007). Bullying dalam Pendidikan.

Fajri, C., Susanto, S., Suworo, S., Sairin, S., & Tarwijo, T. (2021). Pelatihan Perencanaan Kewirausahaan Hidroponik Dan Penguatan Kelembagaan Santripreneur Di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Pengasinan Depok. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 154-160.

Rahmawati, N. (2013). Makala Kasus Bullying.

Sahputra, H. (2009). Stop Bullying di Kalangan Pelajar.

Susanto, S., Darusman, Y. M., Bachtiar, B., Gueci, R. S., & Santoso, B. (2021). MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL RAMAH HUKUM. Jurnal ABDIMAS Tri Dharma Manajemen, 2(1), 72-78.

Susanto, S., Darusman, Y. M., Bachtiar, B., Gueci, R. S., & Santoso, B. (2021). MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL RAMAH HUKUM. Jurnal ABDIMAS Tri Dharma Manajemen, 2(1), 72-78.

Suworo, S., Sairin, S., Susanto, S., Tarwijo, T., & Fajri, C. (2022). PELATIHAN DIGITAL MARKETING (SOSIAL MEDIA) UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILL SANTRI DAN STAF MARKETING DI PESANTREN AL WAFI ISLAMIC BOARDING SCHOOL DEPOK. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 59-69.

Veritia, V., Lubis, I., Priatna, I. A., & Susanto, S. (2019). Teori Ekonomi Makro.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i2.20305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.