PENDAMPINGAN PENCATATAN DAN PELAPORAN KEUANGAN BUMDESA DENGAN APLIKASI MICROSOFT EXCEL: PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PADA BUMDESA KABUPATEN LEBAK, BANTEN

Andy P. Hamzah, Dyah Purwanti

Abstract


BUMDesa di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten belum menyusun laporan keuangan berdasarkan kaidah akuntansi sesuai dengan Standar Akuntansi yang berlaku. Pembukuan transaksi keuangan BUMDesa dilakukan dengan pembukuan sederhana. Kondisi mengakibatkan BUMDesa belum dapat menyajikan laporan keuangan yang merepresentasikan akuntabilitas pengelolaan keuangan BUMDesa. Pengelola BUMDesa mengakui keterbatasan kompetensi dari sumber daya manusia BUMDesa untuk menyusun laporan keuangan dengan benar. Salah satu penyebab keterbatasan kompetensi tersebut adalah pegawai keuangan tidak memiliki latar belakang pendidikan akuntansi dan minimnya pelatihan akuntansi dan penyusunan laporan keuangan. Oleh karena itu, kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini berupaya membantu memecahkan permasalahan tersebut dengan mengadakan seminar dan pelatihan pencatatan dan penyusunan laporan keuangan BUMDesa dengan aplikasi Microsoft Excel. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu dengan adanya kegiatan seminar dan pelatihan ini, kami harapkan pengelola BUMDesa dapat membukukan setiap transaksinya ke dalam laporan keuangan yang sesuai dengan kaidah akuntansi.

Kata Kunci: BUMDesa; Proses Akuntansi; Laporan Keuangan, Aplikasi Akuntansi MS Excel


Full Text:

PDF

References


----. (2021). Pemkab Lebak dorong ekonomi desa melalui BUMDes. Dimuat melalui tautan daring di https://banten.antaranews.com/berita/114418/pemkab-lebak-dorong-ekonomi-desa-melalui-BUMDesa).

---. (2017). Kenapa Laporan Keuangan BUMDes Begitu Penting? Dimuat melalui tautan daring (https://www.berdesa.com/kenapa-laporan-keuangan-BUMDesa-begitu-penting/).

Yudha, A., Marlina, T., & Fahmi, A. (2016). Pelatihan Membuat Laporan Keuangan Dengan Microsoft Excel Bumdes Pagelaran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i2.20327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.