PELATIHAN PEMAHAMAN PENTINGNYA PENGELOLAAN KEUANGAN DALAM BERWIRAUSAHA PADA RUMAH YATIM PIATU AL AMIIN CIATER KOTA TANGERANG SELATAN

Authors

  • Wahadi Siamto Dosen Fakultas Manajemen Universitas Pamulang
  • Supatmin Supatmin Dosen Fakultas Manajemen Universitas Pamulang
  • Anisa Nurdina Dosen Fakultas Manajemen Universitas Pamulang
  • Hengki Hermawan Dosen Fakultas Manajemen Universitas Pamulang
  • Noryani Noryani Dosen Fakultas Manajemen Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i1.8783

Keywords:

Pelatihan, Pengelolaan Keuangan

Abstract

Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu dari penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dalam pelaksanaannya memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Pelaksanaan PKM ini mengambil judul “Pelatihan Pemahaman Pentingnya Pengelolaan Keuangan Dalam Berwirausaha Pada Rumah Yatim Piatu Al Amiin Ciater Kota Tangerang Selatan“. Lokasi yang dipilih merupakan Rumah Yatim Piatu yang berlokasi di daerah Ciater Serpong, Kota Tangeerang Selatan. Dimana lokasi ini memiliki usaha kecil yang masih memerlukan pengelolaan keuangan yang lebih baik. Metode yang digunakan pada pelaksanaan PKM ini adalah Workshop atau Pelatihan. Dimana sebelumnya dilakukan tahapan observasi langsung guna mengetahui permasalah yang muncul pada lokasi penelitian. Pelatihan ini digunakan untuk untuk memberikan pemahaman mendalam tentang manajemen keuangan khususnya pengelolaan keuangan pada usaha kecil yang sudah dirintis, hal ini bertujuan agar Rumah Yatim Piatu Al-Amien yang terdiri dari pengasuh dan anak - anak dapat memahami dan menerapkan pengelolaan keuangan dengan cukup baik. Selain Pelatihan Pengelolaan keuangan pada kesempatan ini sekaligus diberikan penjelasan tentang dasar - dasar Wirausaha dan penguatan konsep dasar kewirausahaan. Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat ( PKM ) berjalan dengan sangat lancar dan seluruh peserta yang hadir dipastikan mendapatkan pemahaman materi dengan cukup baik. Pada akhir sesi pelatihan peserta diberikan juga praktek sederhana guna menunjang kemampuan implementasi pengelolaan keuangan pada usaha kecil yang sudah berjalan di Rumah Yatim Piatu Al-Amien Ciater ini. Sebagai penyempurnaan dan memastikan kemampuan peserta dalam menerapkan materi secara maksimal, akan dilakukan tahapan evaluasi secara berkala dari tim dosen dan praktisi pengajar.

References

(http://wirausahabr.blogspot.com/2015/02/dasar-dasar-kewirausahaan.html)

Astuti, Dewi. 2004. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Blog bisnis, Dasar - dasar untuk menjadi wirausaha (http://ammarawirausaha.blogspot.com/2009/10/dasar-dasar-untuk-menjadi-wirausahawan.html )

Blogspot, 2015 Darman : Dasar-Dasar Kewirausahaan.

Brigham, Eugene F dan Joel F. Houston. 2006. Dasar-dasar Manajemen Keuangan.Edisi Sepuluh. Terjemahan oleh Ali Akbar Yulianto.Buku Dua. Jakarta: Salemba Empat, Jakarta

Brigham, Houston, 2019, Dasar - Dasar Manajemen Keuangan : Salemba Empat, Jakarta.

Darsono, dan Ashari, 2005, Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan, edisi pertama, Penerbit : Andi, Yogyakarta

Harapanrakyat.com, 2020 Deni Sipendi : Manajemen Usaha Kecil, Ini Aturannya yang Wajib Anda Tahu (https://www.harapanrakyat.com/2020/10/manajemen-usaha-kecil/ )

Maddinsyah, Ali Maddinsyah, Endang Kustini, And Syakhrial Syakhrial. "Penyuluhan Manajemen Pemanfaatan Sumber Daya Alam Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga Kampung Ciboleger Lebak-Banten." Jurnal Pengabdian Dharma Laksana 1.1 (2018).

Ridwan, 2020 Industry.co.id : Kemenkop dan UKM Dorong Generasi Muda Berkarya Kreatif dan Inovatif (https://www.industry.co.id/read/61095/kemenkop-dan-ukm-dorong-generasi-muda-berkarya-kreatif-dan-inovatif ) Supatmin,

Supatmin, Et Al. "Pelatihan Pengelolaan Keuangan Usaha Hidroponik Sebagai Solusi Petani Perkotaan Urban Farming Posyantek Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan." Abdi Laksana 1.3 (2020): 359-367.

Supatmin, Supatmin, Fauziah Septiani, And Jasmani Jasmani. "Pelatihan Kewirausahaan Tanaman Sayur Mayur Dengan Teknik Hidroponik Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga Pada Mts Insan Madani Di Desa Tegallega Rahong Hilir Cigudeg Bogor Barat Jawa Barat." Jurnal Pengabdian Dharma Laksana 1.1 (2018): 141-151.

Susanto, Susanto, and Muhamad Iqbal. "Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Sinergitas Akademisi Dan TNI Bersama Tangkal Hoax Dan Black Campaign." CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2.1 (2019).

Umum, 2017 Nur aini : Cara Jitu Mengelola Keuangan Usaha Kecil Dan Menengah ( https://zahiraccounting.com/id/blog/mengelola-keuangan-ukm/ )

Umum, 2020 Arif Ramadhan : Manfaat dan Tujuan Manajemen Keuangan yang Perlu Diketahui ( https://finata.id/manfaat-dan-tujuan-manajemen-keuangan/)

Umum, 2020 kabarbisnis.com : Jumlah wirausaha Indonesia ditargetkan 4 persen pada 2030 (https://www.kabarbisnis.com/read/2897671/jumlah-wirausaha-indonesia-ditargetkan-4-persen-pada-2030 )

Downloads

Published

2021-01-05