PELATIHAN KETERAMPILAN PENGGUNAAN APALIKASI MICROSOFT POWERPOINT PADA SISWA DAN SISWI SMP BINA MULIA

Authors

  • Ahmad Fauzi Universitas Pamulang

Keywords:

Pelatihan Microsoft Powerpoint

Abstract

Microsoft Powerpoint merupakan media yang menarik untuk pembelajaran terutama dalam pembelajaran diskusi serta presentasi tentang pemaparan materi didalam kelas. Namun penggunaan apalikasi Microsoft Powerpoint oleh siswa dan siswi masih kurang menarik dan tidak adanya pemanfaatan fungsi tools tabs dalam setiap file presentasi, sehingga pembuatannya menjadi sangat sederhana tanpa adanya desain yang menarik dan interaktif, terutama pada siswa dan siswi sekolah menengah pertama, bahkan banyak siswa dan siswi yang belum familiar atau mengenal serta mampu dalam menggunakan microsoft PowerPoint. Hal ini juga dialami oleh para siswa dan siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Bina Mulia berdasarkan diskusi terhadap para guru SMP Bina Mulia. Maka dari itu dalam pengabdian kepada masyarakat dosen Universitas Pamulang merasa perlu adanya pembekalan berupa pelatihan keterampilan penggunaan aplikasi Microsoft PowerPoint bagi para siswa dan siswi SMP Bina Mulia, sehingga diharapkan para siswa dan siswi SMP Bina Mulia terutama yang sudah berada di kelas 8 (delapan) dapat mengoperasikan serta mengimplementasikan aplikasi microsoft Powerpoint sebagai bahan media pembelajaran presentasi dengan baik, menarik dan interaktif.

Author Biography

Ahmad Fauzi, Universitas Pamulang

Dosen Universitas Pamulang

References

, Maret 5). Retrieved from https://sc.syekhnurjati.ac.id/esscamp/risetmhs/BAB21413113094.pdf

(2021, Maret 5). Retrieved from https://fatkhan.web.id/pengertian-media-pembelajaran-powerpoint/

(2021, Maret 1). Retrieved from https://www.slideshare.net/AbhyEksalPratama12/makalah-media-presentase-127582488

(2021, Maret 5). Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/23986/2/bab%20dua.pdf

Bimo, D. S. (2016). Langkah Praktis Pembuatan Media Presentasi yang Efektif Dan Interaktif untuk Pembelajaran. Semarang.

Lee, C. (2016). Powertips Microsoft PowerPoint Terbaru & Terbaik. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Muthoharoh, M. (2019). Media PowerPoint Dalam Pembelajaran. Gresik.

Sarwandi. (2018). Jago Microsoft PowerPoinr 2016. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Surdyanto, A., Kurniawan, W., Kuncoro, I. W., & Hidayati, T. (2020). Pelatihan Editing Bahasa Inggris Dengan Grammarly Dan Layout Dengan Ms Word Pada Penerbit CV Persada. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat, 1(3), 168-174.

Published

2021-07-13

Issue

Section

Articles