PENGENTASAN BUTA HURUF ANAK JALANAN MELALUI PROGRAM BACA DI BAMBU PELANGI LAPAK SARMILI BINTARO

Lisda Fitriana Masitoh, Yenny Merinatul Hasanah, Weni Gurita Aedi, Nisak Ruwah Ibnatur Husnul

Abstract


Buku adalah gudang ilmu dan membaca dapat membuka wawasan seseorang. Membaca adalah salah satu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis. Semakin banyak membaca, semakin banyak pula informasi yang didapatkan. Oleh karenanya hobi gemar membaca harus ditanamkan sejak dini bagi anak-anak. Namun sangat disayangkan, pada zaman sekarang ini, jarang kita temukan generasi muda yang gemar membaca. Kenyataannya, minat baca anak-anak sekarang ini sangatlah rendah. Padahal, banyak manfaat yang dapat diperoleh dari membaca. Banyak faktor yang menjadi penyebab rendahnya minat baca anak-anak. Salah satunya adalah karena masih ada sebagian warga negara Indonesia yang buta huruf. Pengabidan kepada masyarakat (PKM)  ini bertujuan untuk melakukan upaya pengentasan buta huruf untuk-anak  yang kurang beruntung di Bambu Pelangi, Lapak Sarmili, Bintaro melalui program gemar membaca. Anak-anak di Bambu Pelangi menjadi objek dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat karena mereka membutuhkan perhatian dari pihak eksternal untuk membina mereka. Kegiatan PKM ini terlaksana sesuai dengan perencanaan. Hasil dari kegiatan PKM ini adalah bertambahkan pemenuhuan buku bacaan serta meningkatnya kemampuan baca dan mint baca  anak-anak di  Bambu Pelangi, Lapak Sarmili.


Keywords


bambu pelangi;buta huruf;membaca;PKM

References


Friantary, H. (2019). Budaya Membaca Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat. Jurnal Pendidikan dan Sastra Indonesia. Vol 1 (1), 66-70.

Hiryanto. (2009). Efektivitas Program Pemberantasan Buta Aksara Melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematim di Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Vol 2 (1), 67–80.

Kusnadi. (2005). Pendidikan Keaksaraan (Filosofi, Strategi dan Implementasi). Jakarta : Depdiknas.

Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Ilmiah Edukasi. Vol 1 (1), 20-28.

Venny A. (2010). Manual MDGs untuk Anggota Parlemen di Pusat dan Daerah. Jakarta (ID)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.