PELATIHAN PENDIDIKAN JARAK JAUH (PJJ) BERBANTUAN MEDIA SOSIAL EDMODO.COM BAGI GURU SMP TERBUKA SAWANGAN DEPOK

Fajar Septian

Abstract


Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) adalah jenis pendidikan di mana peserta didik berjarak jauh dari pendidik, sehingga pendidikan tidak dapat dilakukan dengan cara tatap muka. Persoalan kelemahan tenaga pendidik dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai media kegiatan belajar mengajar dapat dijumpai di mana saja di Indonesia, termasuk di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Terbuka Sawangan. Pemanfaat TIK seperti penggunaan media sosial e-learning dalam proses belajar mengajar di SMP Terbuka Sawangan sangatlah rendah. Kondisi ini sangat berbanding terbalik dengan penggunaan media sosial oleh guru dan siswa di luar lingkungan sekolah. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk mengenalkan dan memberikan pelatihan penggunaan media sosial Edmodo kepada guru SMP Terbuka Sawangan sebagai media pembelajaran. Keterampilan penggunaan media sosial yang dimiliki oleh guru diharapkan dapat meningkatkan kualitas PJJ dengan menggunakan Edmodo. Metode kegiatan PkM ini dilakukan dalam bentuk ceramah, diskusi, dan praktek. Pelatihan ini dilakukan selama dua sesi. Sesi pertama pelatihan untuk memberikan informasi mengenai PJJ dengan bantuan e-learning dan pengenalan media sosial Edmodo. Pada sesi kedua pelatihan melakukan praktek penggunaan Edmodo dan simulasi PJJ dengan menggunakan fitur-fitur yang ada pada Edmodo. Peserta diberikan modul pelatihan sebagai panduan dalam kegiatan praktek di laboratorium komputer. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di Laboratorium Komputer SMP Terbuka Sawangan dengan peserta 20 orang guru pamong.  Evaluasi pelatihan ini dilakukan dengan pengisian kuisioner di akhir sesi kedua pelatihan. Hasil evaluasi kegiatan pelatihan ini dapat menambah pemahaman guru pamong dalam menggunakan media sosial Edmodo sebagai alat bantu PJJ serta bermanfaat sebagai media pembelajaran yang dilakukan di sekolah.

Keywords


edmodo, e-learning, pendidikan, jarak jauh

References


Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (2011). Panduan Penyelenggaraan Model Pembelajaran Pendidikan Jarak Jauh di Perguruan Tinggi. Jakarta: MENDIKNAS DIRJEN DIKTI.

MENDIKBUD RI. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 119 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: MENKUMHAM RI.

Mulyono, B. (2013). Pemanfaatan Media Sosial Edmodo pada Pembelajaran Matematika bagi Guru-guru SMA di Kota Palembang. Seminar Pendidikan Nasional (pp. 698-712). Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Pradnyana, G., Pradnyana, I., & Sindu, I. (2016). Pelatihan Penggunaan E-Learning Berbasis Media Sosial Edmodo Bagi Guru SMA Di Kecamatan Buleleng. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2016 (pp. 160-171). Bali: Unversitas Pendidikan Ganesha.

Setijadi [Ed.]. (2005). Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh. Jakarta: Universitas Terbuka.

Setyono, E. Y. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Jejaring Sosial Edmodo Terhadap Hasil belajar Mahasiswa Pada Topik Pembuatan Kurve-S Menggunakan Microsift Excell. SOSHUM : Jurnal Sosial dan Humaniora, 5(1), 42-49.

Suriadhi, G., Tastra, I. D., & Suwatra, I. W. (2014). Pengembangan E-Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 2 Singaraja. Journal Edutech, 2(1). doi:http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v2i1.3795


Refbacks

  • There are currently no refbacks.