MENENTUKAN UKURAN PENYEBARAN DENGAN MENGGUNAKAN EXCEL

Nuraini Sri Bina

Abstract


Bentuk kegiatan masyarakat yang dilakukan berupa workshop mengenai penggunaan media pembelajaran Excel kepada siswa SMA Swasta Al Fattah Hamparan Perak Deli Serdang Kelas XII. Jumlah peserta workshop sebanyak 10 orang. Luaran pengabdian ini menargetkan 1) Meningkatnya pengetahuan siswa tentang ukuran penyebaran data 2) Meningkatnya pemahaman siswa tentang penggunaan Excel dalam menentukan ukuran penyebaran data 3) Meningkatnya pengetahuan siswa tentang media pembelajaran Matematika berbasis IT 4) Meningkatnya minat dan keinginan siswa dalam mempelajari Matematika. Terdapat 4 tahapan dalam metode pengabdian ini yaitu tahapan pertama adalah memastikan disetiap komputer dalam laboratorium sekolah memiliki program microsoft excel yang dapat dijalankan, tahapan kedua adalah pelaksanaan workshop, tahapan ketiga adalah simulasi penggunaan Excel dalam menyelesaikan persoalan ukuran penyebaran yang dilakukan oleh peserta, dan tahapan terakhir adalah melakukan evaluasi dan pemberian angket kepada para peserta mengenai materi yang disampaikan. Dari kegiatan pengabdian ini diperoleh beberapa hasil yaitu 1) Meningkatnya ilmu pengetahuan siswa, 2) Meningkatnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan persoalan ukuran penyebaran data dengan menggunakan Excel , 3) Meningkatnya keterampilan siswa dalam membuat rumus dalam Excel untuk menyelesaikan masalah ukuran penyebaran, dan 4) Meningkatnya motivasi siswa untuk mempelajari Matematika menggunakan teknologi.


Keywords


Ukuran Penyebaran; Excel; Pengabdian Masyarakat

References


Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Martiningsih, R. (2015). Efektifitas Pemanfaatan MS Excel Dalam Pembelajaran Matematika Di SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Kwangsan, 3(2), 107–120.

Ramadhani, R., & Sribina, N. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran SPSS untuk Meningkatkan Kemampuan Statistik Siswa SMK. Jurnal SOLMA, 8(1), 159. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.2996

Ruseffendi, H. E. T. (1998). Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: IKIP Bandung Press.

Sribina, N. (2018). Analisis Kemampuan Memecahkan Persoalan Aritmatika Berbentuk Verbal. AXIOM Jurnal Pendidikan Dan Matematika, VII(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.